Kadal Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawaban beserta Penjelasannya

Kadal Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Jawaban beserta Penjelasannya

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 14:27
share

JAKARTA, iNews.id - Kadal berkembang biak dengan cara apa menjadi pertanyaan yang sering keluar dalam ujian. Hewan yang termasuk dalam kategori reptil ini memiliki perkembangbiakan yang unik. Seperti apa?

Kadal Berkembang Biak dengan Cara?

Kadal berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Nantinya, di dalam telur terdapat zigot yang dibungkus oleh kulit telur (cangkang). Di dalam telur tersebut terdapat zat-zat makanan yang dibutuhkan di masa pertumbuhan dan perkembangan embrio.

Setelah itu, telur akan menetas. Melansir buku \'Cari Tahu Hewan-hewan Bertubuh Kecil\' karya Fatiharif, umumnya, kadal hidup di daratan namun bisa berenang di dalam air. Hewan ini juga mampu memanjat pohon dengan baik dan dapat berlari dengan cepat.

Kadal berkembang biak dengan cara bertelur ini memiliki sisik yang halus dan berkilau, seperti berminyak. Meskipun begitu, sebenarnya sisik kadal sifatnya kering karena tubuhnya tidak mengeluarkan keringat.

Fakta unik lainnya adalah, kadal mampu menumbuhkan ekornya kembali saat putus. Hewan ini juga memiliki penciuman yang cukup tajam. Adapun, makanan kadal adalah buah-buahan, serangga, amfibi, reptil, mamalia kecil, nyamuk, lalat, kupu-kupu hingga cacing tanah.

Jadi, sudah tahu kan kadal berkembang biak dengan cara apa? Semoga bisa menambah wawasan kamu ya!

Topik Menarik