Profil Nani Wijaya Artis Lawas Tercantik Era 60-an, Wafat Usia 78 Tahun Susul sang Putri Sukma Ayu

Profil Nani Wijaya Artis Lawas Tercantik Era 60-an, Wafat Usia 78 Tahun Susul sang Putri Sukma Ayu

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 16 Maret 2023 - 12:49
share

JAKARTA, iNewsPangandaran.id - Inilah profil Nani Wijaya artis lawas tercantik era 60-an kini dikabarkan meninggal dunia. Meninggalnya sang legenda ini menyusul suami dan putrinya, Sukma Ayu yang sudah lebih dulu dipanggil Tuhan.

Kabar meninggalnya Nani Wijaya ini diperoleh dari keluarga, yang menyebutkan sang artis lawas mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis 16 Maret 2023 pukul 03.28 WIB. Sang artis lawas ini meninggal di usia 78 tahun.

Sebelum meninggal dunia, Nani Wijaya sempat mengidap sesak nafas dan demensia. Lantas seperti apa sosok Nani Wijaya?

Berikut profil Nani Wijaya, artis lawas tercantik era 60-an:

Artis senior Nani Wijaya lahirdi Cirebon pada 10 November 1944. Di usia yang masih remaja yakni 16 tahun, ia memulai debut di dunia hiburan dengan membintangi film Darah Tinggi karya Lilik Soedjio.

Dari film itulah, banyak tawaran datang kepada Nani Wijaya. Ia pun dijuluki sebagai artis tercantik era 1960-1970 an. Bahkan saking cantiknya, banyak pria terglila-gila pada sosok Nani Wijaya.

Puluhan film total sudah dibintangi Nani Wijaya sejak tahun 1960 hingga 2012. Deret penghargaan pun banyak diraihnya.

Atas prestasinya itu, Nani Wijaya dinobatkan sebagai Golden Girl film bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim.

Tenar menjadi bintang film, Nani Wijaya pun mencoba main sinetron. Salah satu sinetron komedi yang melambungkan namanya adalah Bajaj Bajuri yang tayang tahun 2002 hingga 2007.

Di sinetron ini, Nani Wijaya berperan sebagai Emak, ibunya Oneng yang diperankan Rieke Diah Pitaloka.

Selain perjalanan kariernya, Nani juga memiliki kisah cinta yang menarik. Nani pertama kali menikah dengan sutradara terkenal Misbach Yusa Biran pada 1969. Pernikahan mereka dikaruniai 6 anak, Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu.

Di tahun 2004, Nani Wijaya mengalami kesedihan luar biasa, karena putri bungsunya, Sukma Ayu meninggal dunia. Sebelum wafat, Sukma Ayu sempat koma selama 5 bulan setelah alani operasi di RS Medistra.

Padahal saat itu karir Sukma Ayu di dunia hiburan sedang melejit berkat peran Rohaye dalam sinetron Kecil-Kecil Jadi Manten.


Sukma Ayu putri Nani Wijaya yang meninggal di tahun 2004. Foto: Instagram

Delapan tahun setelah Sukma Ayu meninggal, suami Nani Wijaya menyusul. Misbach Yusa Biran meninggal dunia pada 11 April 2012.

Ditinggal wafat suami dan anak, Nani Wijaya cukup lama hidup menjanda. Hingga kemudian, ia kembali menikah dengan sahabat lamanya, Ajip Rosidi pada 2017 di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Pernikahan itu menjadi sorotan publik lantaran usia senja mereka. Saat menikah Nani Wijaya berusia 73 tahun dan Ajip 79 tahun.

Sayang perjalanan cinta mereka berjalan singkat, hanya tiga tahun. Pada 29 Juli 2020 Ajip meninggal dunia setelah menjalani perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Magelang, Jawa Tengah.

Kini, 3 tahun setelah suami keduanya meninggal dunia, Nani Wijaya pergi menyusul.

Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia, hari ini Kamis 16 Maret 2023 di usia 78 tahun.

Itulah biodata Nani Wijaya, artis lawas tercantik era 60-an, wafat usia 78 tahun menyusul putrinya, Sukma Ayu.

Topik Menarik