Mengenang Ryan Hidayat Pemeran Film Lupus, Aktor Ganteng Idola Kaum Hawa Era 1990-an Meninggal di Usia Muda

Mengenang Ryan Hidayat Pemeran Film Lupus, Aktor Ganteng Idola Kaum Hawa Era 1990-an Meninggal di Usia Muda

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Maret 2023 - 21:26
share

JAKARTA, iNews.id - Generasi era \'80 dan \'90-an tentu sudah tak asing dengan nama Ryan Hidayat. Aktor yang satu ini sangat populer di eranya karena film Lupus.

Tidak heran, bila Ryan Hidayat menjadi salah satu aktor idola kaum hawa di era itu. Namanya pun begitu melekat sebagai karakter Lupus.

Mengenang Ryan Hidayat Pemeran Film Lupus

Sebagaimana diketahui, Lupus merupakan film yang diangkat dari serial novel dengan judul sama. Novel garapan Hilman Hariwijaya ini terbit tahun 1986.

Tak disangka, novel tersebut laris di pasaran hingga diangkat ke layar lebar. Sosok Lupus sendiri identik dengan gaya rambut khas bassist Duran Duran, John Taylor, serta tingkah jahilnya.

Ada sejumlah aktor yang memerankan sosok Lupus, salah satunya Ryan Hidayat. Sosok Lupus yang diperankan Ryan Hidayat merupakan seorang pelajar SMA yang aktif.

Dia juga seorang penulis untuk sebuah majalah. Lupus juga identik dengan perilakunya yang suka mengunyah permen karet dan kerap memiliki sifat cuek namun jahil.

Selain itu, Ryan juga membintangi Lupus II: Makhluk Manis Dalam Bis (1987), Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990), dan Lupus V: Iih, Syereem! (1991).

Di film besutan Achiel Nasrun ini, Ryan beradu akting dengan Nurul Arifin, Gito Gilas, Firda Razak, Tatiek Wardiono, Cornelia Agatha, Henky Solaiman, dan Ria Irawan.

Aktor kelahiran Ceko ini sukses membintangi karakter Lupus di film tersebut. Sejak saat itu, dia pun menjadi idola kaum hawa.

Sebab, selain jago akting, Ryan memiliki wajah yang tampan dan mempesona. Sejak saat itu, dia banyak membintangi judul film lainnya, salah satunya dalam film Rocky tahun 1990.

Di film itu, Ryan beradu akting dengan Nike Ardilla sebagai pasangan kekasih. Chemistry yang mereka bangun membuat banyak anak muda baper.

Selain kariernya di industri hiburan yang menarik untuk dikulik, kisah percintaannya pun sama. Ryan diketahui pernah menjalin hubungan dengan Nunu Datau.

Kala itu, mereka terjebak cinta lokasi saat bermain di film Lupus. Tak lama menjalin asmara, mereka pun akhirnya putus.

Ryan juga sempat dikabarkan dekat dengan Titi DJ. Namun, kabar tersebut berlalu begitu saja. Akhirnya, Ryan diketahui menikah dengan Katherine Ash di Australia pada tahun 1995. Rumah tangga mereka terjalin harmonis.

Namun sayang, dua tahun menikah, Ryan meninggal dunia di usia 26 tahun pada 8 Februari 1997. Kabar meninggalnya Ryan Hidayat tentu saja mengejutkan publik, sebab usianya masih sangat muda.

Pria kelahiran 1970 itu diketahui meninggal dunia karena penyakit tipes. Jenazah Ryan kemudian dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Topik Menarik