6 Pakaian Adat Suku Batak, Nomor 3 Didominasi Warna Hitam

6 Pakaian Adat Suku Batak, Nomor 3 Didominasi Warna Hitam

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Maret 2023 - 12:28
share

MEDAN, iNews.id - Pakaian adat Suku Batak jenisnya bermacam-macam. Setiap baju adat memiliki kekhasnya sendiri.

Suku Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia setelah Jawa. Penduduknya banyak ditemukan di Sumatera.

Suku ini juga masih terpecah lagi menjadi beberapa bagian. Sehingga setiap sukunya memiliki pakaian adat yang berbeda.

Pakaian Adat Suku Batak

1. Pakaian Adat Suku Batak Toba

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Toba (Foto: Pinterest)

Pakaian adat dari Batak Toba berbahan dasar kain ulos dari atas hingga bawah. Untuk pria, pakaian adat bagian atasnya disebut hande-hande. Sementara bagian bawahnya singkot. Untuk pakaian adat bagian atas wanita disebut hoba-hoba. Sedangkan bagian bawahnya hean.

Memakai baju adat ini biasanya dilengkapi dengan aksesoris penutup kepala. Pada lak-laki disebut bulang-bulang. Bagi wanita ikat kepala disebut tali-tali dan dilengkapi dengan selendang ulos.

2. Pakaian Adat Suku Batak Karo

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Karo (Foto: Instagram/Mangulosi)

Pakaian adat ini terbuat kain yang dipintal kapas atau biasanya disebut kain uis gara. Kain ini biasanya menggunakan benang warna merah. Sehingga tak heran jika pakaian adat ini dominan warga merah

Namun, kain ini juga ditambah warna lain seperti putih dan hitam. Warna lainnya yakni warga keemesan atau gold dan perak.

Dulu, kain uis gara pakai gadis Karo untuk aktivitas sehari-hari. Namun, kini lebih banyak dipakai saat acara pernikahan atau acara adat.

3. Pakaian Adat Suku Batak Pakpak

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Pakpak

Warna hitam mendominasi pakaian adat Batak Pakpak. Bahan dari baju ini yakni Oles yang merupaka tenun dari Pakpak. Baju adat ini mirip dengan pakaian melayu. Pakaian adat untuk wanita juga warnanya hitam.

4. Pakaian Adat Suku Batak Mandailing

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Mandailing

Bahan dasar dari pakaian adat Batak Mandailing juga masih memakai kain ulos. Mirip juga dengan Batak Toba, bedanya terlihat pada kain ulos yang dipasang pada bagian tengah badan.

Kemudian, hiasan kepala laki-laki juga disebut Ampu warnanya hitam dan bentuk. Pada hiasan kepala wanita disebut Bulang diikat di kening. Zaman dulu, Bulang terbuat emas, tetapi kini banyak ditemukan berbahan logam.

5. Pakaian Adat Suku Batak Simalungun

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Simalungun

Pakaian adat ini bahan dasarnya kain ulos. Orang Batak Simalungun kain ulos dengan kain hiou. Baju adat ini tergolong mirip dengan pakaian adat Batak Toba. Bedanya pada perhiasan di kepala pria. Pada Batak Simalungun bentuknya sedikit lebih runcing.

6. Pakaian Adat Suku Batak Angkola

Pakaian
Pakaian Adat Suku Batak Angkola (Foto: Pinterest)

Baju adat Suku Batak ini mirip dengan Batak Mandaling. Bedanya terlihat pada pakaian wanita. Pakaian adat Suku Angkola wanitanya lebih banyak menggunakan warna merah dan memakai selendang di badannya.

Hiasan kepala disebut Ampu merupakan mahkota yang dulu hanya dipakai raja di Mandailing dan Angkola. Sementara, hiasan wanita juga sama dengan Suku Batak Mandailing yakni Bulang berwarna emas.

Topik Menarik