Bahasa Batak Apa Kabar dan Kumpulan Kalimat Sapaan Lainnya di Sumut

Bahasa Batak Apa Kabar dan Kumpulan Kalimat Sapaan Lainnya di Sumut

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 17 Februari 2023 - 17:20
share

JAKARTA, iNews.id - Bahasa Batak apa kabar yakni songon dia baritana atau beha baritana. Kalimat sapaan ini biasa dipergunakan masyarakat suku Batak yang ada di Sumatera Utara (Sumut) maupun daerah lainnya di Nusantara.

Bahasa sapaan merupakan frasa yang biasa diucapkan untuk menanyakan kabar seseorang bagi secara tunggal maupun jamak. Dalam penyebutannya, ada intonasi dalam pelafalannya.

Bahasa Batak merupakan salah satu bahasa daerah di Nusantara yang berasal dari wilayah Sumut. Penutur alaminya yakni suku Batak.

Dikutip dari peta bahasa Kemendikbud, bahasa Batak dituturkan di Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, Simalungun (khususnya bagian pesisir barat), Dairi, Tapanuli Tengah,Kabupaten Tapanuli Utara, Karo, Langkat dan bagian utara Deliserdang.

Bahasa Batak ini terdiri atas lima dialek, yaitu (1) dialek Toba, (2) dialek Mandailing, (3) dialek Simalungun, (4) dialek Pakpak (Dairi) dan (5) dialek Karo.

Berdasarkan hasil penghitungan dialektometri, bahasa Batak dialek Toba dengan Simalungun memiliki persentase perbedaan sebesar 69,25 persen. kemudian dengan dialek Mandailing sebesar 71,25 persen dan dialek Pakpak (Dairi) 75,25 persen.

Bahasa Batak juga dituturkan di wilayah provinsi lain seperti di Aceh, Sumatera Barat dan Riau. Bahasa Batak yang dituturkan di Provinsi Aceh terdiri atas lima dialek, yaitu (1) dialek Alas, (2) dialek Angkola, (3) dialek Mandailing, (4) dialek Kluet dan (5) dialek Dairi. Bahasa Batak yang dituturkan di Sumbar dan Riau memiliki satu dialek yaitu dialek Mandailing.

Bahasa batak untuk sapaan maupun kata tanya :

Apa kabar : Boha/beha kabar?

Siapa namamu? : Ise goarmu?

Tinggal di mana? : Didia jabum?

Mau ke mana? : Naeng tudia ho?

Aktivitas kamu apa sekarang? : Marhua ma ho nuaeng?

Marga apa kamu? : Marga aha?

Apa kabar ibu? : Boha kabar ni oma?

Sehatkah nenek? : Sehat do opung?

Sudah makan? : Nunga mangan?

Jam berapa pulang? : Jam piga ho mulak?

Kapan balik? : Andigan mulak?

Kamu cantik : Bagak maho

Kamu ganteng : Gatteng maho

Ayo makan : Beta mangan

Saya lapar : Male au

Saya haus : Mauas au

Aku sayang kamu : Holong do rohakku tuho

Ayo pulang : Beta mulak

Selamat jalan : Sai horas ma di pardalanan

Selamat tinggal : Horasma na tading

Topik Menarik