Siapa Pemilik Louis Vuitton? Orang Paling Kaya di Dunia, Punya Harta Rp3.200 T

Siapa Pemilik Louis Vuitton? Orang Paling Kaya di Dunia, Punya Harta Rp3.200 T

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 13 Februari 2023 - 19:18
share

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Louis Vuitton? Mungkin pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh publik, terutama mereka para sosialita, yang hobi menggunakan atau bahkan mengoleksi barang-barang branded atau mewah.

Louis Vuitton sendiri merupakan salah satu brand fesyen mewah di dunia. Merek dagang ini berada di bawah naungan Moet Hennessy Louis Vuiiton atau LVMH.

Lantas, siapa sebenarnya pemilik Louis Vuitton? Simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pemilik Louis Vuitton

Ternyata, pemilik Louis Vuitton adalah Bernard Jean Tienne Arnault. Dia populer dikenal dengan nama Bernard Arnault, miliarder dan CEO Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH).

Arnault lahir di Roubix sebuah wilayah bagian utara Prancis, pada tanggal 5 Maret 1948. Ayahnya bernama Leon Arnault, pemilik perusahaan konstruksi dan properti terkemuka, yakni Farret-Savinel.

Sementara ibunya Marie Josephe Savinel, adalah seorang wanita trendi yang selalu memperhatikan penampilan.

Arnault menamatkan kuliahnya di jurusan teknik di Cole Polytechnique, Prancis. Lulus kuliah dia bekerja sebagai chief construction officer di perusahaan milik ayahnya.

Pada tahun 1977, Arnault menggantikan posisi sang ayah sebagai CEO di perusahaan tersebut.

Pada tahun 1984, Arnault membangun perusahaan fesyen bernama Agache Financhiere dan mengakuisisi Boussac (rumah dari brand fesyen Christian Dior), dengan bermodalkan uang keluarganya senilai 15 juta dolar AS dan 65 juta dolar AS dari investasi perusahaan Lazar Freres.

Tahun 1989, Arnault membeli saham pengendali di LVMH dan menjadi CEO perusahaan tersebut. LVMH sendiri adalah perusahaan hasil merger dari Louis Vuitton dan Moet Hennessy pada tahun 1987.

Belakangan LVMH menjadi perusahaan induk yang menghimpun 75 anak perusahaan ternama, dengan bisnis utama di bidang yang berkaitan dengan fesyen, seperti menjual parfum, perhiasan, kosmetik hingga wine.

Tak cuma itu, LVMH juga menaungi lebih dari 5.500 toko yang tersebar di seluruh dunia dengan nilai pasarnya mencapai lebih dari 365 miliar Euro. Brand mewah di bawah pengelolaan LVMH adalah Louis Vuitton, Christian Dior, Celine, Sephora, serta Fendi.

Tahun 2019, LVMH berinvestasi ke bidang jasa perhotelan. Sebuah grup perhotelan mewah bernama Belmond, dibeli oleh LVMH senilai 3,2 miliar dolar AS.

Tak mau sukses sendiri, Arnault memboyong puterinya Delphine Arnault untuk ikut mengelola salah satu perusahaan miliknya, yakni sebagai Kepala Eksekutif Louis Vuitton.

Dilansir Forbes, di tahun 2022, total kekayaan Arnault dan keluarga tembus ke angka 155 miliar dolar AS atau setara Rp2.421 triliun. Terakhir, rilis terbaru Forbes pada akhir Januari 2023 lalu, kekayaan Arnault telah meningkat menjadi 213,5 miliar dolar AS atau senilai Rp3.200 triliun.

Dengan total kekayaan sebanyak itu, Arnault dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia saat ini.

Demikian, ulasan tentang pemilik Louis Vuitton, orang terkaya di dunia. Semoga menginspirasi!

Topik Menarik