Silsilah Keluarga Khofifah Indar Parawansa, Ada Garis Keturunan Pahlawan Nasional

Silsilah Keluarga Khofifah Indar Parawansa, Ada Garis Keturunan Pahlawan Nasional

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 13:15
share

JAKARTA- Silsilah keluarga Khofifah Indar Parawansa memang dikenal sebagai sosok aktivis yang berhasil menjabat sebagai anggota dewan, menteri dua kali dengan presiden berbeda. Saat ini menjadi Gubernur Jawa Timur.

Jika melihat kiprahnya di dunia politik memang tak ada habisnya. Bermula saat menjadi anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1992-1997 ia pun kembali maju di periode selanjutnya.

Lantaran peralihan rezim Orde Baru ke Era Reformasi jabatannya sebagai anggota DPR hanya bertahan 2 tahun. Pada 1999, Khofifah pindah partai ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai yang lahir di Era Reformasi bentukan Abdurrahman Wahid.

Kembali menjadi anggota DPR, ia pun diangkat menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan oleh Presiden terpilih Abdurrahman Wahid pada kabinet Persatuan Indonesia.

Lengsernya Presiden Abdurrahman Wahid membuatnya turut melepas jabatan sebagai menteri untuk periode 1999-2001. Kendati tak lagi menjabat sebagai menteri, ia pun beralih dengan mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2008, dan 2013 namun belum berhasil.

Pada Pilpres 2014, Khofifah diminta menjadi salah satu juru bicara politik pasangan Jokowi-JK. Kemenangan Jokowi membuatnya kembali menjadi menteri sosial pada kabinet Kerja 2014-2019.

Pada 2019, di masa pemilihan gubernur, ia kembali mencalonkan diri bersama Emil Elestianto Dardak. Pencalonan ketiganya kini berbuah hasil, dan ia pun menjadi gubernur Jatim periode 2019-2024.

Terlepas dari kiprah politiknya itu, dalam kehidupan pribadinya banyak yang menyorot tentang kedekatannya dengan ulama besar penyebar syiar agama Islam. Adapun berikut ini silsilah keluarga dari Khofifah Indar Parawansa yang tak banyak orang tahu.

-Silsilah Keluarga Khofifah Indar Parawansa

Mendiang suami Khofifah, Indar Parawansa diketahui memiliki garis keturunan langsung dengan ulama besar penyebar agama Islam, Syekh Yusuf. Pahlawan nasional ini lahir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Silsilah keturunan Syekh Yusuf ini diwarisi langsung dari ayah Indar Parawansa, Djalaluddin Parawansa. Dimana ayah dari mendiang suami Khofifah generasi kesembilan dari ulama besar Sulawesi tersebut.

Pertemuan antara Khofifah dan Indar sendiri terjadi di Yogyakarta. Saat itu, wanita 57 tahun ini menjadi pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII).

(RIN)

Topik Menarik