Doa Berbuka Puasa Lengkap Bacaan Arab, Latin, Artinya, Sesuai Sunnah

Doa Berbuka Puasa Lengkap Bacaan Arab, Latin, Artinya, Sesuai Sunnah

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 14:36
share

DOA berbuka puasa lengkap bacaan Arab, latin, artinya, sesuai sunnah . Doa ini diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk dibaca ketika buka puasa Ramadhan, puasa Senin Kamis, atau puasa sunnah lainnya.

Doa pertama yang dibaca yakni membaca Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah". Doa kedua, seperti diriwayatkan Ibnu Umar Radhiallahu \'anhu, ia berkata:

"Biasanya Rasulullah Shallallahu \'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhamau wabtallatil uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Dawud nomor 2357, An-Nasa\'i: 3315, dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud)

Info grafis rukun puasa. (Foto: Okezone)

Dilansir laman Muslim.or.id , ada makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Umat Islam diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Maghrib berkumandang.

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

:

"Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq \'alaihi)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam meminta kepada semua Muslim untuk menyegerakan buka puasa. Dianjurkan juga bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahuanhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim Nomor 1100)

Dalam riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu \'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Allahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik