5 Makanan Khas Karo yang Sulit Dilupakan, Nomor 3 Jadi Obat Kuat Pria

5 Makanan Khas Karo yang Sulit Dilupakan, Nomor 3 Jadi Obat Kuat Pria

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 19 Januari 2023 - 14:16
share

KARO, iNews.id - Makanan khas Karo konon sulit dilupakan bagi orang yang pernah mencicipinya. Salah satu makanan bahkan dimasak berjam-jam untuk mendapatkan rasa yang enak.

Karo merupakan salah satu suku yang tumbuh di Sumatera Utara. Keberadaan mereka lebih banyak ditemukan di Tanah Karo. Uniknya suku yang satu ini menegaskan dirinya bukan bagian dari Suku Batak. Mereka memastikan Karo muncul dari suku tersendiri.

Selain di Tanah Karo banyak menyajikan tempat wisata yang memanjakan mata, kuliner di khas Karo juga patut dicoba. Penasaran apa saja? Berikit daftarnya.

Makanan Khas Karo

1. Babi Panggang Karo

Makanan
Makanan khas Karo, Babi Panggang Karo (Foto: Instagram/Bpknanginmilala)

Kuliner yang satu ini bisa Anda temukan di banyak rumah makan Karo di seluruh Indonesia. Babi panggang Karo rupanya masuk makanan populer.

Biasanya makanan ini akan disajikan dengan daun ubi dengan parutan kelapa, darah babi yang diolah kemudian sambal dan nasi putih.

2. Terites

Makanan
Makanan khas Karo, Terites (Foto: Instagram/Teritesmasakankaro)

Makanan khas Karo ini merupakan yang paling unik. Kuliner ini cuma ada di Karo. Bahan utama makanan ini merupakan rumput rumputan yang ada di usus sapi, kerbau atau kambing.

Tenang, rumputan ini bukan dari usus besar yang mengeluarkan kotoran. Rumput yang sudah dimakan sapi ini kemudian dimaak dengan jeroan. Menariknya, masakan khas Karo ini cuma bisa Anda temuaj saat acara besar.

3. Kidu-kidu

Ilustrasi
Ilustrasi Makanan khas Karo, Kidu-Kidu (Foto : Ilustrasi/Ist)

Makanan khas Karo selanjutnya berbahan dasar dari ulat sagu. Ulat yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Bahkan warga Indonesia bagian Timur menyebutkan ulat sagu bisa jadi obat kuat para kaum prian.

Sajian ulat sagu ini setelah matang dan garing dicampur dengan kuah rempah- rempah. Adapun bumbu yang dipakai yakni kemiri, kunyit, andaliman, bawang putih, kecombrang dan bawang merah.

4. Manuk Getah

Makanan khas karo berikutnya ada manuk getah. Bahan utama makanan ini merupakan daging ayam kampung. Bumbu masakan ini pun khas Karo.

Yang membuat makanan ini beda yakni kuahnya berbahan dasar darah ayam. Makanan ini banyak ditemukan Medan.

5. Arsik Nurung Mas

Ilustrasi
Ilustrasi Makanan khas Karo, Arsik Nurung Mas (Foto : Ilustrasi/Ist)

Makanan khas Karo satu ini butuh waktu yang cukup lama untuk memasakknya. Bahan pokok kuliner ini yakni ikan mas. Namun, jika Anda yang tidak doyan dengan ikan mas bisa mengganti dengan jenis ikan lainnya.

Sementara untuk rasanya, arsik nurung mas ini gurih, asam, pedas dan asin. Makanan sangat cocok disajikan dengan nasi panas.

Itulah makanan khas Karo yang sering disajikan di sejumlah rumah makanan di Medan. Kamu sudah pernah coba yang mana?.

Topik Menarik