Kisah Inspiratif Pendiri IKEA Tutup Usia, Sosoknya Dikenal Rajin dan Sederhana

Kisah Inspiratif Pendiri IKEA Tutup Usia, Sosoknya Dikenal Rajin dan Sederhana

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 18 Desember 2022 - 16:59
share

IDXChannel Ingvar Kamprad adalah seorang miliarder dan pendiri IKEA. Namun dirinya telah tutup usia di usianya yang ke 91 tahun pada Minggu, 28 Januari 2018. Sosoknya sangat di kenal raji dan sederhana, dan nilai-nilai itulah yang ditanamkan untuk bisa menyukseskan IKEA.

Ia membangun bisnis IKEA ini memang dari nol. Bahkan ketika masih kecil dia sudah bisa hasilkan uangnya sendiri. Saat itu ia mengendarai sepeda untuk bisa menjual dekorasi Natal, ikan, dan pensil.

Saat usianya 17 tahun ia dapat hadiah dari ayahnya karena berhasil dapat nilai yang bagus. Padahal dirinya punya masalah dalam membaca dan menulis.

Hingga pada tahun 1943 untuk pertama kali IKEA didirikannya. Nama IKEA ini ia ambil dari singkatan namanya ditambah dengan lokasi tempat ia dilahirkan, yakni IK (Ingrad Kamprad), Elmtaryd, dan Agunnaryd.

Ia mengenalkan suatu metode flatpacking yang mana mengizinkan pembeli membeli furnitur dalam bentuk potong-potongan dan dapat dirakit sendiri.

Idenya ini bisa muncul ketika ia melihat seorang pegawai mengalami kesulitan saat hendak ingin memasukan furnitur ke mobil pembelinya. Saat itulah kalau dengan model sederhana dan akan menghemat uangnya.

Tapi justru dengan kepribadian itu, membuat Kamprad bisa menjadi inovator yang yang memang tidak ada duanya.

Saat menjalankan sebuah bisnis, ia turut mengajak tiga anak kandung dan satu anak adobpsinya bisa masuk dalam manajemen IKEA.

Bahkan putranya yang termuda, Mathias, dipilih sebagai chairman Inter IKEA, Perusahaan yang mengontrol operasional waralaba IKEA diseluruh dunia bahkan ketika dirinya mengundurkan diri.

Dilansir dari economy.okezone.com (16/12) IKEQ diperkirakan akan mendapatkan pendapatan tahunan sebesar USD62 miliar. ( NKK )

Penulis: Mila Pertiwi

Topik Menarik