Mengenal Busok, Kucing Ras Asli Indonesia Asal Madura yang Sudah Diakui Dunia

Mengenal Busok, Kucing Ras Asli Indonesia Asal Madura yang Sudah Diakui Dunia

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 16 Desember 2022 - 11:51
share

JAKARTA, iNews.id - Kucing Busok atau Raas tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, World Cat Federation (WFC) telah mengakui Busok sebagai kucing ras asli Indonesia.

Kucing ini merupakan salah satu hewan asal Kepulauan Madura, tepatnya di Pulau Raas. Spesies kucing ini merupakan satwa endemik di kawasan tersebut.

Busok, kucing yang terlihat anggun, memiliki postur lebih besar dari kucing kampung biasa. Wajahnya pun sekilas mirip leopard dan kucing hutan.

Kucing ini memiliki bentuk wajah cenderung persegi dengan melancip pada dagu. Matanya besar, hidung sedang, serta kuping yang agak menjorok ke atas.

Bulunya berwarna abu-abu kebiruan tanpa motif alias polos. Tingkat ketebalannya juga lebih tinggi ketimbang kucing kampung biasa.

Jika dilihat sekilas, Busok mirip dengan ras kucing Eropa seperti Russian Blue dan British Short Hair.

Cendera Mata dan Mitos Kucing Busok

Mengutip Indonesia.go.id, Jumat (16/12/2022), kucing Busok sempat dijadikan cendera mata bagi tamu istimewa yang berkunjung ke Pulau Madura pada 1990-an sebelum diakui dunia. Langkah itu membuat kehadiran kucing Busok di Pulau Madura semakin jarang terlihat.

Sehingga, pemerintah dan masyarakat setempat melarang kucing tersebut untuk dibawa keluar dari kawasan Pulau Madura. Apabila terpaksa, maka kucing Busok akan dikebiri untuk menjaga kemurnian ras mereka.

Eksistensi kucing Busok di Pulau Madura sebagai satwa endemik sangat dijaga oleh masyarakat Pulau Madura. Sebab, kucing ini dianggap mendatangkan nasib baik dan rezeki bagi pemeliharanya.

Di sisi lain, kucing Busok juga dianggap memiliki kemampuan mistis. Masyarakat sekitar percaya siapa pun yang membawa kucing Busok keluar dari Pulau Raas akan ditimpa kesialan.

Topik Menarik