Kerajinan Tangan yang Terkenal di Sumatera Selatan, Awas Tergoda

Kerajinan Tangan yang Terkenal di Sumatera Selatan, Awas Tergoda

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 15 Desember 2022 - 10:14
share

PALEMBANG, iNews.id - Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan cukup banyak dan menarik. Sumatera Selatan (Sumsel) yang biasa disebut Bumi Sriwijaya memiliki beragam kebudayaan dan kerajinan tangan yang membanggakan.

Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan patut dibanggakan sebagai ragam budaya Indonesia. Kerajinan tangan ini harus terus dilestarikan sebagai warisan budaya dan ciri khas daerah.

Berikut kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan:

1. Kain Songket

Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan yang pertama tentu Kain Songket. Songket merupakan kain tradisional yang dibikin dengan cara ditenun menggunakan benang emas. Kain khas Palembang ini dibikin dengan cara ditenun dalam waktu cukup lama, bukan menggunakan mesin seperti pabrik tekstil lainnya.

Proses penenunan membutuhkan waktu cukup lama hingga enam bulan, karena itu kain songket Palembang yang memiliki keindahan tinggi dan motif menarik memiliki nilai yang sangat tinggi. Bahkan ada songket yang dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta.

Songket tersedia dalam banyak pilihan dengan harga menyesuaikan kemampuan peminatnya. Terdapat beberapa tempat pusat kerajinan songket seperti di kawasan Tangga Buntung dan Kertapati. Wisatawan dapat memilih motif termasuk produk lain yang berbahan songket.

Kain songket bagi warga Palembang menunjukkan status sosial. Biasanya songket dipakai pada acara resmi seperti pernikahan, acara resmi lainnya dan acara adat. Songket juga dijadikan mahar atau seserahan pengantin pria kepada perempuan yang disuntingnya.

Songket juga memiliki nilai yang terus bertambah. Karenanya, songket cocok untuk koleksi, karena semakin lama, harganya semakin tinggi.

Kerajinan
Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan salah satunya Songket. (Foto: Ist)

2. Kain Blongsong

Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan berikutnya masih berupa kain, yakni blongsong. Kain ini juga tenunan dari benang sutra atau bisa juga menggunakan benang lainnya. Kain ini biasa dipakai perempuan pada upacara adat, resepsi pernikahan dan hajatan lainnya.

Terkadang kain blongsong dengan warga tertentu dipakai sebagai seragam beberapa perempuan yang bertugas menyambut tamu dalam acara pesta pernikahan atau hajatan lainnya. Di beberapa tempat sentra songket, juga menjual kain blongsong sebagai oleh-oleh atau buah tangan.

3. Kain Jumputan

Kain Jumputan juga merupakan kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan. Walaupun masih berupa kain, jumputan dulunya hanya dipakai perempuan muda atau gadis. Namun kemudian, kain Jumputan dipakai saat upacara adat termasuk resepsi pernikahan. Ciri khas dari kain jumputan memiliki warna yang mencolok seperti hijau, kuning dan merah.

4. Kain Tajung

Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan berikutnya yakni Kain Tajung atau terkadang ada yang menyebutnya Kain Tanjung. Jika kain sebelumnya dipakai perempuan atau gadis muda, Kain Tajung khusus untuk pria.

Sama seperti kain lainnya, Kain Tajung dipakai pada acara resmi dan upacara adat hingga pernikahan. Kain Tajung biasa dipakai pria dengan bagian atas menggunakan baju muslim atau jas.

5. Batik Palembang

Sama seperti di Jawa, Palembang juga memiliki kerajinan tangan batik walaupun tidak sepopuler batik dari Jawa. Namun demikian, salah satu kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan ini memiliki ciri khas dengan motif halus dan warga manggis. Batik Palembang dipengaruhi kebudayaan Palembang dan Jawa.

6. Leker

Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan berikutnya tidak lagi kain. Namanya Leuker atau gampangnya disebut leker adalah kerajinan yang terbuat dari kayu berupa guci, gentong, sendok, meja hingga hiasan dinding dan tempat tisu.

Leker dibuat dari kayu dipasang pada alat yang disebut bubut, kemudian kayu dibuat bulat sesuai dengan keinginan. Selanjutnya diampas dan dijemur di bawah terik matahari. Setelah itu, kayu yang sudah dibentuk seperti guci dilapisi getah dari pohon damar. Selanjutnya dilukis dengan tinta khusus dengan motif bernuansa alam. Leker biasanya dibuat dengan warga yang dominan merah.

7. Ukiran Khas Palembang

Sentra
Sentra ukiran khas Palembang yang merupakan salah satu Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan. (Foto: M Riza)

Kerajinan tangan terkenal di Sumatera Selatan berikutnya ukiran khas Palembang. Biasanya para perajin membuat lemari, kursi pengantin, mimbar di dalam masjid, pintu dan jendela. Ukiran khas Palembang ini menggunakan kayu tembesu dan mahoni yang diukir dan dicat sehingga terlihat mewah dan megah. Kerajinan ukir ini juga diaplikan pada rumah limas, rumah adat khas Palembang, Sumatera Selatan.

Ukiran khas Palembang didominasi warna merah dan emas yang menyimbolkan kemewahan atau status sosial pemiliknya. Kerajinan ukiran khas Palembang ini sudah sangat terkenal, sehingga dijual hingga ke luar provinsi dan luar negeri.

Sumatera Selatan yang kaya akan budaya memiliki banyak kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang terkenal di Sumatera Selatan ini terus terjaga. Para perajin terus berinovasi menyesuaikan dengan perubahan zaman.

Topik Menarik