Kenali 10 Jenis Penyakit Kulit Pada Anak yang Berbahaya

Kenali 10 Jenis Penyakit Kulit Pada Anak yang Berbahaya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 4 November 2022 - 19:11
share

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif dan tentu sangat sulit untuk ditangani terutama pada anak-anak.

Mereka cenderung tidak suka menggunakan obat-obatan seperti pil, atau krim untuk mengobati kulit, namun jika dibiarkan tentu akan menjadi masalah yang lebih buruk.

Untuk mengobati kulit pada anak, hendaknya kamu mengenal terlebih dahulu jenis penyakit yang menyerang tentu hal tersebut akan mudah ditangani. Ada berbagai jenis infeksi dan penyakit kulit yang bisa menyerang anak-anak.

Berikut ini jenis penyakit kulit pada anak-anak yang dapat kamu ketahui informasinya agar mudah mencari obatnya. simak dibawah ini.

1. Dermatitis

penyakit kulit pada anak
Tangan Terkena Penyakit Dermatitis (Pinterest.com/mymerrymessylife.com)

Kamu mengenal dermatitis? Dermatitis merupakan penyakit peradangan kulit yang disebabkan oleh infeksi, alergi, dan zat-zat yang dapat mengiritasi seperti tanaman dan sabun.

Beberapa anak mungkin mengalami masalah terkait beberapa gejala lainnya, seperti ruam, kemerahan dan pembengkakan.

2. Tinea Kapitis

Penyakit Kulit Pada Anak
Anak Laki-Laki Garuk Kepala (Halodoc.com)

Mungkin bagi sebagian orang tua pernah melihat jenis infeksi yang terjadi pada kulit kepala anak.

Infeksi ini disebabkan oleh jamur dermatofita yang sering menyerang anak usia 2-10 tahun. Gejala penyakit ini ditandai dengan kulit kepala yang merah, bersisik dan gatal.

3.Impetigo

Penyakit kulit pada anak
ilustrasi Bayi Terkena Impetigo (Healthline.com)

Jenis penyakit kulit pada anak ketiga yaitu impetigo, jenis penyakit kulit ini ditandai dengan warna keemasan.

Penyakit ini rentan menyerang anak berusia 2-6 tahun dan disebabkan oleh bakteri Stafilokokus kulit lho. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderitanya.

4.Urtikaria Papular

penyakit kulit pada anak
Penyakit Urtikaria Papular (parenting.firstcry.com)

Urtikaria papular merupakan salah satu jenis penyakit kulit pada anak yang ditandai dengan munculnya bercak merah di sekitar badan.

Jika sudah tampak penyakit ini di area badan hendaknya segera membawa anak kamuke dokter, jika dibiarkan bercak tersebut bisa berubah menjadi benjolan cokelat kemerahan dan anak merasa gatal.

5.Rubella

penyakit kulit pada anak
anak laki-laki terkena rubella (conehealth.com)

Kamu pernah mendengar penyakit rubella? banyak orang mengenal penyakit kulit ini dikenal sebagai campaknya orang jerman.

Penyakit ini ditandai dengan kondisi bintik-bintik merah di leher dan wajah kemudian akan menyebar ke bagian tubuh. Selain itu penyakit juga menimbulkan gejala lain seperti mata merahn pilek dan demam tinggi.

6.Moluskum Kontagiosum

 penyakit kulit pada anak
Bayi Terkena Penyakit Moluskum Kontagiosum (Halodoc.com)

Penyakit kulit pada anak yang satu ini disebabkan oelh infeksi virus Molluscum, dan termasuk kedalam bagian virus pox.

Infeksi ini biasanya muncul pada area lipata tubuh yang terindikasi dengan munculnya benjolan kecil licin seperti mutiara. Namun saat sistem kekebalan anak menjadi sehat akan muncul kerak.

7.Demam Scarlet

penyakit kulit pada anak
Bayi Terkena Penyakit Demam Scarlet (Halodoc.com)

Demam scarlet merupakan jenis infeksi kulit yang biasa dialami oleh anak-anak. Penyakit ini memiliki gejala seperti sakit perut, leher bengkak, sakit kepala dan lain-lain.

Hal yang perlu kamu ketahui yaitu memastikan mencuci tangan anak untuk mencegah menular ke orang lain, Biasanya penyakit ini menyerang anak usia 5-12 tahun.

8. Ruam Panas

 penyakit kulit pada anak
Bayi Terkena Penyakit Ruam Panas (Halodoc.com)

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit anak-anak sangat sensitif terhadap suhu dan pakaian yang digunakan. Jenis infeksi ini biasanya ditandai dengan bintik merah kecil pada area bahu, leher dan kepala.

Disarankan untuk menggunakan pakaian panas ketika suhu udara sedang panas karena untuk mencegah masalah kulit ini muncul.

9.Staphylococcal

 penyakit kulit pada anak
Bayi Terkena Penyakit Staphylococcal (Sciencephoto.com)

Kenali penyakit ini sebelum terlambat, Staphylococcal adalah penyakit kulit yang menyerang anak kecil dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jika anak-anak kamu mengalami tanda-tanda seperti lepuh, terdapat beberapa daerah badan yang memerah, demam, serta kehilangan cairan dan mudah kelelahan hendaknya kamu memeriksa ke dokter segera.

10.Eksim

 penyakit kulit pada anak
bayi terkena penyakit eksim (Halodoc.com)

Eksim merupakan sebuah penyakit yang menyerang anak-anak kecil, biasanya eksim menyerang anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang memiliki sensitifitas yang tinggi.

Penyakit ini akan menyebabkan rasa gatal-gatal yang luar biasa, masih belum jelas terkait alasan mengapa jenis penyakit kulit ini muncul. Namun hendaknya jika terdapat gejala tersebut kamu segera ke dokter ya!

Infomasi terkait jenis penyakit kulit pada anak diatas merupakan jenis penyakit yang rentan menyerang anak kecil.

Jika muncul gejala-gejala diatas, segera hubungi dokter atau ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan segera.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan Disepelekan! Kulit Teriritasi kalau Didiamkan Bisa Jadi Penyakit, Ini Cara Obatinya

3 Kesalahan Meminum Air yang Justru Menimbulkan Efek Penyakit Serius di Tubuhmu!

Mengenal Penyakit Ginjal Diabetes, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Topik Menarik