Obat Sirup Setelah Dibuka Tahan Berapa Lama, Ternyata Berbeda Dengan Tanggal Kadaluarsa di Kemasan

Obat Sirup Setelah Dibuka Tahan Berapa Lama, Ternyata Berbeda Dengan Tanggal Kadaluarsa di Kemasan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:50
share

Apa kamu tahu kalau pemberlakuan masa kadaluarsa obat sirup berbeda dengan obat jenis lain seperti tablet dan kapsul. Karena meskipun dalam kemasan obat sirup sudah menyertakan tanggal atau batas waktu yang digunakan, batas waktu kadaluarsa tersebut hanya berlaku jika obat sirup masih dalam kondisi tersimpan dan belum digunakan. Jika obat sirup sudah digunakan atau dibuka segelnya, maka masa pakai dari obat sirup sebenarnya sudah berubah dan menjadi lebih singkat dari masa kadaluwarsa yang sebenarnya. Lalu obat sirup setelah dibuka tahan berapa lama ?

Tanggal kadaluarsa di kemasan obat sirup hanya menunjukan tanggal atau batas waktu dari obat saat belum dibuka, karena setelah dibuka obat sirup menjadi salah satu obat dengan kemungkinan mengalami kerusakan yang tinggi, sehingga akan merubah kandungan yang ada didalam obat dan mengurangi efektivitasnya.

Bentuk utama dari obat sirup ya sudah tentu cair, atau bisa dikatakan mayoritas obat memiliki kandungan air yang cukup banyak, sementara air sendiri adalah media yang sangat baik untuk perkembangan kehidupan, termasuk didalamnya mikroba dan bakteri lain. Selain itu air juga komponen yang mudah memicu reaksi kimia pada senyawa.

Saat obat sirup dibuka, maka akan terjadi oksidasi akibat paparan oksigen, meskipun kandungan gula bisa mencegah pertumbuhan mikroba di dalam obat sirup, namun proses oksidasi ini tidak bisa dicegah. Sehingga setelah dibuka maka masa pakai dari obat sirup ini akan berbeda, dan tanggal yang tertera di kemasan sudah tidak berlaku lagi.

Lalu Obat Sirup Setelah Dibuka Tahan Berapa Lama

Obat sirup yang telah dibuka hanya akan bertahan atau memiliki masa aman dan efektif digunakan dalam rentang waktu dua minggu sampai dua bulan saja, selebihnya obat sirup sudah tidak direkomendasikan lagi untuk digunakan.

Tetapi untuk obat sirup setelah dibuka tahan berapa lama, juga tergantung dari bentuk sirup itu sendiri. Misalnya pada obat cair yang lebih kental dan tidak mengandung gula, atau hanya sedikit mengandung gula justru memiliki masa pakai yang jauh lebih singkat setelah segel dibuka, hanya satu minggu saja.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menanyakan kepada apoteker saat membeli obat sirup, dan tanyakan apakah obat cair yang dibeli termasuk kedalam obat cair suspensi, atau memiliki kandungan gula yang sedikit. Untuk penyimpanannya obat sirup biasa maupun suspensi sama saja sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang sudah tertera di kemasan.

Topik Menarik