Resep Enting-enting Kacang, Jajanan Jadul yang Bikin Nostalgia

Resep Enting-enting Kacang, Jajanan Jadul yang Bikin Nostalgia

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 21 Oktober 2022 - 09:40
share

Masih ingat dengan jajanan enting-enting kacang? Enting-enting kacang merupakan jajanan jadul yang mirip permen yang terbuat dari gula dan campuran kacang tanah.

Biasanya entin-enting kacang dijajakan di warung-warung. Rasanya yang manis dan sedikit gurih dari kecang membuat banyak orang menyukainya. Kini, kamu bisa membuat jajanan satu ini sendiri di rumah dengan mudah, lho. Dikutip dari akun Instagram @wawawiati, berikut resepnya:

Bahan :

Cara membuat:

  1. Sangrai kacang tanah, buang kulit arinya, lalu tumbuk kasar asal pecah saja.
  2. Siapkan nampan atau loyang, alas dengan daun pisang/ baking paper/ kertas roti (pakai loyang ukuran 2020 cm, dialas daun pisang)
  3. Masukkan gula ke dalam wajan, tuang air jahe di tengahnya lalu masak dengan api sedang cenderung kecil. Masak sampai gula larut dan jadi karamel. Sesekali wajan digoyang supaya gula bercampur dan cepat larut.
  4. Setelah gula jadi karamel dan berwarna kecoklatan, masukkan margarin. Kecilkan api, dan aduk pelan sampai margarin leleh.
  5. Masukkan kacang tanah, aduk rata lalu tuang di atas loyang atau nampan yang telah disiapkan, tutup dengan daun pisang/ kertas roti tekan-tekan dan ratakan dengan sendok/ spatula kayu atau kalau dicetak di atas nampan bisa digilas dengan rolling pin, ketebalan sesuai selera.
  6. Selagi panas langsung potong-potong sesuai selera. Biarkan sampai dingin dan mengeras. Lalu patah-patahkan sesuai lajur potongan yang telah dibuat.

Selamat mencoba!

Topik Menarik