Ini 9 Teh Kemasan Dengan Kandungan Gula Terbanyak yang Dijual di Sekitar Kita

Ini 9 Teh Kemasan Dengan Kandungan Gula Terbanyak yang Dijual di Sekitar Kita

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 1 Oktober 2022 - 11:53
share

ABOUTSEMARANG Adanya perseteruan perusahaan Es Teh Indonesia dengan salah satu konsumen yang komplain jika salah satu produknya kemanisan, berujung somasi bagi si konsumen.

Konsumen itu menulis di media sosial jika minuman Chizu Red Velvet dari Es Teh Indonesia mengandung 3kg yang kemudian menimbulkan pro dan kontra netizen.

Melihat kasus ini sebenarnya membuka mata konsumen untuk mengetahui kandungan atau komposisi gula pada setiap minuman yang beredar.

Dikutip dari laman Alodokter, Konsumsi gula harian yang disarankan melalui Kementrian kesehatan Republik Indonesia adalah 50gr/hari atau setara dengan 4 sendok makan bagi orang dewasa, sedangkan bagi anak-anak hanya 25gr/hari atau 2 sendok makan.

Konsumsi (gula) yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit yang disebut dengan diabetes melitus, ujar dr Fajar Dwi Cahyo dari laman Alodokter.

Masalahnya kini hampir semua teh kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi, dan sebagian konsumen tidak menyadari bahaya mengkonsumsi gula berlebih.

Berikut ini urutan produk teh kemasan dengan kandungan gula terendah hingga tertinggi yang dijual, dikutip dari mojok.co.

1. Teh Pucuk
Minuman teh kemasan yang konon katanya diambil dari pucuk daun teh pilihan dan dipadukan dengan aroma jasmine ini sangat populer dan disukai orang Indonesia. Satu botol Teh Pucuk ukuran 240ml memiliki kandungan gula sebanyak 18g atau setara 3,6 sendok teh, atau sekitar 6% (hasil persentase dengan air 240ml).

Teh Pucuk memiliki varian kandungan gula lebih rendah melalui produk Teh Pucuk Less Sugar. Dalam kemasan 240ml Teh Pucuk Less Sugar, terdapat 12g gula atau setara 2,4 sendok teh. Atau jika dibuat persentase dalam air adalah 4,7% (hasil persentase gula dengan air 240 ml).

2. Teh Botol Sosro
Teh Botol Sosro merupakan pelopor minuman teh kemasan di Indonesia. Pabrik Teh Botol Sosro berdiri pada 1940 di Slawi, Jawa Tengah.

Dalam satu kemasan kotak Teh Botol Sosro 200ml terdapat 15g gula, atau setara dengan 3 sendok teh gula. Tapi ada juga varian kemasan Teh Botol Sosro kotak 330ml, yang memiliki kandungan gula jauh lebih tinggi.

3. Teh Hijau Indomaret
Satu botol Teh Hijau Indomaret 330ml pada komposisi tertulis 220ml mengandung 18g gula atau setara dengan 3,6 sendok teh gula. Jika menghabiskkan satu botol 330ml, berarti ada kandungan gula kurang lebih 5 sendok teh.

4. S-Tee
S-Tee kemasan 200ml memiliki komposisi karbohidrat sebanyak 16g, garam 15mg, dan gula sebesar 15g atau setara 3 sendok teh. S-Tee kemasan kotak isinya 200ml, sudah sama dengan jumlah takaran saji di komposisinya.

5. Teh Gelas
Dalam satu botol Teh Gelas ukuran 350ml, tertulis tiap takaran saji 200ml mengandung 15g karbohidrat, 20mg garam, dan 15g gula atau setara 3 sendok teh. Sebenarnya jumlah ini sama dengan S-Tee, namun karena kemasan Teh Gelas lebih besar (350ml) dan kemungkinan besar kita menghabiskan semua isinya, jadi kandungan gula lebih tinggi.

6. Nu Green Tea
Nu Green Tea adalah produk teh produksi PT. ABC dan merupakan pelopor teh hijau kemasan botol PET di Indonesia. Meskipun memiliki rasa teh yang ringan dan menyegarkan, Nu Green Tea memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Dalam sajian per saji 200ml mengandung 16g gula atau setara 3,2 sendok teh. Jumlah tersebut lebih tinggi dari kandungan gula di Teh Gelas dengan jumlah per sajian sama (200ml).

7. Teh Kotak Melati
Teh melati sebenarnya bagus untuk diet, namun jika teh melati digabungkan dengan gula, konsumen harus mengonsumsinya dengan bijak.

Teh Kotak Melati dalam kemasan 200ml memiliki kandungan gula sebesar 17g atau setara 3,4 sendok teh. Jumlah ini lebih banyak dari gula Teh Gelas dan Nu Green Tea jika perbandingannya sama-sama 200ml.

8. Teh Javana
Teh Javana tersedia dalam dua pilihan rasa, teh gula batu dan teh melati. Keduanya memiliki kandungan gula yang kurang lebih sama. Untuk takaran saji 175ml Teh Javana mengandung 14g gula atau setara 2,8 sendok teh.

Terlihat kecil bila dibandingan dengan jumlah gula di teh kemasan lain, namun 14g tersebut hanya untuk setengah botol Teh Javana. Perlu dicermati jika jumlah komposisi tersebut untuk 350ml padahal untuk 175ml (per sajian). Jika Teh Javana satu botolnya berisi 350ml berarti kandungan gulanya kurang lebih dua kali lipatnya atau setara 6 sendok teh.

9. Fruit Tea
Fruit Tea merupakan teh kemasan yang memiliki kandungan gula tinggi karena mengandung rasa.

Dalam takaran saji 350ml, mengandung 42g gula atau setara 8,4 sendok teh. Jika minum satu botol Fruit Tea, kebutuhan gula harian di tubuh kita langsung terpenuhi, bahkan kelebihan banyak.

Selain Fruit Tea, sebenarnya minuman teh kemasan lain yang memiliki rasa tambahan seperti apel, blueberry, atau buah-buahan lainnya umumnya memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada minuman teh dengan rasa original seperti green tea atau jasmine.

Itulah 9 minuman kemasan yang memiliki kandungan tertinggi yang banyak dijual di sekitar kita.

Konsumsilah makanan manis secukupnya saja. Selain itu, imbangi juga konsumsi makanan manis ini dengan rajin makan sayur dan biji-bijian utuh, makan variasi buah-buahan, giat berolahraga minimal 30 menit setiap 1-2 hari sekali, jaga berat badan ideal, jangan merokok, cukup beristirahat, jauhi alkohol, dan juga tidak sembarangan minum obat atau herbal supaya terhindar dari penyakit yang berbahaya, ujar dr. Nadia Nurotul Fuadah dikutip dari lama Alodokter.

(ard)

Topik Menarik