Nggak Disangka, Ini 15 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan!

Nggak Disangka, Ini 15 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan!

Gaya Hidup | netralnews.com | Kamis, 22 September 2022 - 12:36
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kangkung merupakan salah satu sayur hijau yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Harganya murah dan terjangkau, selain itu mudah ditemui, karena banyak dijual di pasar tradisional dan modern.

Kangkung biasanya diolah menjadi menu tumisan, hanya dengan campuran bawang dan penyedap. Sayur ini juga cocok disantap sebagai pendamping lauk dan protein, kaya serat dan rasanya enak.

Nah, tahukah kamu bahwa Kangung punya segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat di bawah ini mungkin tidak kamu duga sebelumnya, seperti dikutip dari laman Dr Health Benefit:

1. Mengandung Tinggi Yodium dan Seng

Yodium dan seng dalam setiap 1 ons kangkung bisa mencapai 2,2 mil gram. Jadi kangkung ini cukup potensial untuk dijadikan alternatif membantu atasi anemia.

Selain itu, kangkung juga membantu menstabilkan hemoglobin darah sehingga tidak merasa pusing atau lemas. Tekanan darah akan normal dan stabil saat memasukkan sayuran kangkung ke dalam menu harian.

2. Baik untuk Pencernaan

Untuk menghindari sembelit, akan jauh lebih baik bagi kamu untuk mengkonsumsi sebanyak mungkin sayuran, terutama kangkung yang kaya akan serat dan vitamin.

Kangkung lebih banyak mengandung vitamin dan serat yang sangat penting dan esensial untuk melancarkan sistem pencernaan. Jadi kamu bisa memasukkan sayuran kangkung sebagai bagian dari menu harian. Namun perlu diperhatikan bahwa masakan berbahan dasar kangkung sebaiknya tidak dihangatkan setelah 8 jam sejak dimasak.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kangkung mengandung banyak air untuk membantu kerja ginjal dalam menyaring darah. Kandungan air di dalam kangkung sekitar 82 gram untuk setiap 100 gramnya.

Tentu sangat sehat dan baik untuk ginjal kamu bekerja maksimal dan menyaring darah di sepanjang vena. Jadi, jangan ragu lagi makan kangkung sehari-hari.

4. Penumbuh Rambut

Apakah kamu tahu bahwa kangkung kaya akan vitamin B yang sangat bagus untuk rambut? Bagi kamu yang mengalami masalah rambut rontok, botak atau masalah rambut lainnya mungkin sangat disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi kangkung dalam menu sehari-hari.

Vitamin B akan bekerja efektif untuk menyuburkan rambut hingga ke akar dan menyehatkan kulit kepala agar memiliki rambut yang lebih baik dan sehat.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Kangkung mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Seperti sayuran yang mengandung vitamin A tinggi lainnya, kangkung juga memiliki beta karoten yang akan mencerahkan pandangan mata. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga mata agar tidak mengalami low vision sight.

6. Bantu Penyembuhan Bekas Luka

Vitamin C di dalam kangkung akan menyehatkan kulit kamu dengan meregenerasi sel-sel kulit menjadi segar dan baru. Misalnya kamu mengalami bekas luka atau kulit yang rusak, mengkonsumsi kangkung akan membantu mempercepat pemulihan kulit.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin C di dalam sayuran. Mengkonsumsi kangkung juga dapat membantu untuk menyembuhkan bekas luka dan luka akibat gigitan serangga.

7. Pencegahan Radikal Bebas

Radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh dan sel dapat dimusnahkan dengan banyak mengkonsumsi kangkung. Kamu dapat mengkonsumsi kangkung sebagai pilihan menu harian karena memiliki banyak anti-oksidan dan vitamin C.

Kandungan itu membantu menyerap racun dan membuangnya dari tubuh. Catatannya, jangan memasak kangkung terlalu lama.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika kamu atau keluarga sering menderita demam atau mudah sakit, itu artinya daya tahan tubuh kamu kurang baik. Nah, kangkung dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh agar dapat beregenerasi dengan baik.

9. Pemicu Nafsu Makan

Apakah kamu memiliki masalah dengan nafsu makan? Ini mungkin disebabkan oleh kondisi lambung yang penuh gas dan asam. Jadi, kamu tidak memiliki nafsu makan yang baik dan kamu harus segera memulihkannya.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi tumis kangkung dengan nasi. Perpaduan kangkung dan nasi dapat menetralkan lambung dari gas dan asam dan membuat lambung menjadi lebih baik dan nyaman.

10. Pencegahan Kanker

Menghindari lebih baik daripada mengobati. Hal ini berimplikasi pada manajemen kanker. Ketika kamu masih muda dan sehat, kamu perlu mencegah diri dari menderita kanker dan tetap menjaga gaya hidup sehat.

Mengkonsumsi kangkung dapat mencegah dari penyakit kanker karena mengandung banyak vitamin, anti oksidan, dan mineral yang akan mencegah kanker untuk masuk ke tahap yang lebih buruk.

11. Membantu Atasi Darah Tinggi

Bayam kaya akan potasium dan rendah sodium. Bayam juga memiliki mineral seimbang yang sangat berguna untuk hipertensi dan stroke.

Asam folat yang terkandung di dalam bayam akan membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendurkan pembuluh darah yang pada akhirnya akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

12. Pencegahan Diabetes

Bayam dapat mencegah diabetes dengan kandungan magnesium yang dapat mencegah komplikasi dari kasus diabetes. Dengan rutin mengkonsumsi kangkung akan membantu tubuh menstabilkan gula darah dan mencegahnya untuk melakukan fluktuasi yang berlebihan.

13. Otak Sehat dan Daya Ingat Meningkat

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan manusia dalam menghafal sesuatu juga akan semakin menurun. Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat, kamu perlu lebih banyak mengonsumsi sayuran seperti kangkung secara rutin menjadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah kasus tersebut.

Kangkung memiliki banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan otak dan aktivitasnya sehingga kamu tidak akan terkena penyakit demensia atau alzheimer.

14. Pengurangan Risiko Kardiovaskular

Bayam adalah sumber folat, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino, dan zat berbahaya lainnya yang ditemukan di dalam pembuluh darah. Homosistein tinggi di dalam darah dapat menyebabkan beberapa risiko serangan jantung dan stroke.

Kangkung juga mengandung inositol dan kolin yang sangat berguna untuk mencegah gangguan pembuluh darah.

15. Menyegarkan kulit

Salah satu manfaat terbaik kangkung adalah menyegarkan kulit. Hal ini karena kangkung memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang dapat menjaga kelembapan kulit dan menutrisi sel-sel epidermis yang dapat melawan jerawat, kerutan, dan masalah kulit lainnya.

Topik Menarik