Renang Gaya Dada: Teknik, Cara dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Renang Gaya Dada: Teknik, Cara dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 10 September 2022 - 15:14
share

Siapa yang tidak mengenal olahraga renang? Renang adalah salah satu olahraga air yang paling banyak diminati karena memiliki manfaat yang cukup baik bagi pertumbuhan tubuh.

Selain menjadi olahraga, renang juga bisa menjadi sarana rekreasi dan penghilang stress bagi Kamu yang sudah suntuk dengan urusan pekerjaan .

Tidak hanya sekedar menyemplung di "air" saja, ternyata ada banyak sekali teknik dasar dalam berenang, salah satunya yaitu renang gaya dada yang cocok bagi pemula.

Jika Kamu ingin menguasai teknik renang gaya dada, maka Kamu harus mengetahui lebih dulu pembahasan renang gaya dada, mulai dari teknik dasar, cara dan manfaatnya bagi tubuh.

Tentang Renang Gaya Dadauntuk Pemula

renang gaya dada
ilustrasi renang gaya dada (freepik.com)

Renang gaya dada ( breaststroke ) merupakan salah satu teknik berenang yang paling dasar dan mudah bagi pemula. Maka tidak heran jenis gaya ini merupakan pembuka sebelum belajar gaya lain.

Di Indonesia itu sendiri, jenis gaya renang ini disebut dengan renang gaya katak karena posisi kepala tetap berada di atas permukaan air layaknya seekor katak.

Salah satu alasan renang gaya katak ini mudah dilakukan, karena teknik gaya katak ini dilakukan secara santai dengan bisa bergantian setelah masuk kedalam air untuk mengambil nafas.

Ketika baru belajar teknik gaya ini memang harus dibimbing oleh seorang instruktur karena kemungkinan besar Kamu belum terbiasa danmerasa takut saat menenggelamkan kepala ke dalam air.

Teknik dan Cara Berenang Gaya Dada yang Mudah

renang gaya dada
ilustrasi renang gaya dada (freepik.com)

Bagi kamu pemula, jika ingin mencoba coba melakukan gaya dada ini,berikut cara melakukan teknik renang gaya dada yang mudah dilakukan di rumah.

1. Posisi Kepala dan Tubuh

Teknik pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu posisi kepala dan tubu yang harus sinkron karena saat berada didalam air, posisi harus lurus dan kepala menghadap kedepan sejajar dengan tubuh

Selain itu, Kamu juga harus menjaga kondisi bahu dan leher untuk bisa melakukan gerakan lengan meluncur ke depan, yang terpenting posisikan kepala sedikit menunduk untuk mencegah air.

2. Gerakan Tangan

Teknik kedua, yang harus kamu perhatikan yaitu gerakan tangan. Pertama, arahkan kedua lengan dengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu. Lalu dorong tubuh kamu agar meluncur kedepan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu Gerakan kedua lengan dengan membentuk lingkaran kedua tubuh. Setelah itu satukan kedua telapak tangan pada dada.

Tidak hanya itu, Luruskan Kembali kedua lengan ke depan. Lalu mulailah Gerakan lengan

3. Gerakan Kaki

Dalam teknik renang gaya dada ini sangat membutuhkan tendangan kaki, maksud dari tendangan kaki yang dimaksud adalah pola kaki mirip seperti katak yang berenang.

Cara melakukannya, tekuk kedua lutut hingga kebawah hingga tumit menyentuh bokong, yang perlu diperhatikan yaitu telapak kaki juga menghadap ke permukaan air.

Setelah hal tersebut sudah dipenuhi, kemudian lakukan tendangan menyapu keluar dan kebelakang, lakukan hal tersebut secara kuat dan berulang agar bisa bergerak didalam air.

4. Pernapasan

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan yaitu pernapasan, pernapasan merupakan teknik terakhir yang harus kamu ketahui karena menyangkut keselamatan.

Walaupun terbilang mudah, namun Kamu harus tahu kapan harus mengambil pernapasan saat melakukan renang gaya dada ini.

Hal yang harus kamu ketahui yaitu, angkat kedua bahu untuk mengeluarkan wajah agar bisa mengambil nafas. Angkat kepala secara perlahan untuk menghindari sakit pada punggung.

Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan Tubuh

renang gaya dada
ilustrasi renang gaya dada (freepik.com)

Walaupun teknik ini terbilang mudah untuk dipelajari. Namun Kamu juga perlu mengetahui manfaat melakukan teknik renang atau gaya katak berikut ini.

1. Menguatkan Tulang dan otot

Manfaat pertama yang harus Kamu tahu yaitu dapat meningkatkan kekuatan otot, dalam olahraga renang kekuatan ototo tangan dan kaki memang sangat diperlukan karena dapat mendorong perenang dan menghindari tenggelam.

Maka dari itu, manfaat yang paling penting yaitu menguatkan tulang dan otot tentu untuk menjaga tulang Kamu agar lebih kuat, sehingga menurunkan resiko Osteoporosis .

2. Membakar Lemak lebih Efektif

Renang menjadi salah satu jenis olahraga air yang bisa membakar kalori. Menurut studi berenang gaya dada selama 10 menit bisa membakar kalori hingga 60 kalori.

Hal tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan hal tersebut dapat kamu lakukan minimal 30 menit perhari

3. Mencegah Penyakit Kronis

Menurut penelitian pada 2018, membuktikan bahwa olahraga berenang dengan pengobatan tertentu mampu menurunkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

Rutin melakukan olahraga renang juga dapat bisa membantu kamu untuk menekan resiko penyakit jantung bahkan hingga stroke dan diabetes.

4. Meningkatkan Kebugaran Jantung dan Paru

Manfaat terakhir yang sangat bisa kamu rasakan jika rutin yaitu meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Hal tersebut sangat baiik untuk menghindari resiko gagal jantung.

Karena, renang merupakan olahraga Janis kardio yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Bila otot kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak sehingga bisa mengalirkan oksigen lebih banyak ke setiap organ sel.

Nah itulah pembahasan singkat terkait renang gaya dada, teknik dasar, cara dan manfaatnya bagi tubuh. Pastikan Kamu melakukannya dengan benar supaya terhindar dari cedera dan keram.

Artikel Menarik Lainnya :

Topik Menarik