10 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial, beserta Penjelasan Strukturnya

10 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial, beserta Penjelasan Strukturnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 1 September 2022 - 17:35
share

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang akan diulas dalam artikel ini dapat membantu para siswa memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Apa saja yang harus ditulis di dalam teks eksplanasi tersebut dan bagaimana strukturnya, semua akan dijelaskan dalam artikel ini.

Perlu diketahui, teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan fenomena lainnya.

Dalam pembahasan ini, akan diulas beberapa contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial, yakni bagaimana fenomena itu bisa terjadi, mengapa fenomena itu terjadi, mengapa suatu fenomena menjadi sama atau berbeda, dan bagaimana mengatasi atau menyelesaikan suatu fenomena tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

1. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Kemacetan Lalu Lintas

[Pernyataan Umum]

Kemacetan merupakan suatu keadaan yang ramai hingga berhentinya kendaraan di arus lalu lintas. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, salah satu kota yang seringkali menjadi pusat kemacetan adalah Kota Jakarta.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Penyebab kemacetan yang utama adalah penumpukan jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Selain itu, disebabkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan dan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan membuat kemacetan jika orang berhenti membelinya, sehingga berakibat pengguna lain harus terpaksa jalan dengan lebar jalan yang tidak sesuai.

[Interpretasi]

Setiap orang dapat mengatasi kemacetan yang terjadi, jika memiliki pemikiran untuk menaiki transportasi umum. Kemacetan juga dapat diatasi dengan cara membuat penggunaan jalur satu arah, memperbanyak kendaraan umum yang memadai, dan melanggar pedagang kaki lima berjualan di pinggir jalan.

2. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Kemiskinan

[Pernyataan Umum]

Kemiskinan adalah fenomena sosial yang merupakan situasi individu atau sekelompok individu mengalami kekurangan dalam kondisi keuangan, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Terjadinya kemiskinan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kondisi kesehatan yang tidak bisa mendukung untuk bekerja, sedikitnya kesempatan bekerja, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan tidak memiliki motivasi dalam hidup.

Namun, penyebabnya juga dapat dikarenakan karena faktor lain, yaitu mengalami kebangkrutan, perilaku yang jelek, pola pikir yang salah. Jika kemiskinan tidak segera diatasi, maka dampak-dampak yang akan terjadi semakin banyak sehingga meningkatnya tingkat kejahatan.

[Interpretasi]

Untuk mengatasi peristiwa kemiskinan ini banyak solusi yang dapat dilakukan, yaitu bisa dimulai dari pihak pemerintah dalam mempermudah akses umum kepada seluruh orang tanpa melihat status sosial, memberikan modal berbisnis, dan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dengan cara memberikannya lapangan pekerjaan.

Namun, solusi ini akan berhasil jika pihak pemerintah dan pihak masyarakat bekerja sama dengan baik demi mencapai satu tujuan yang diinginkan, yaitu mengatasi kemiskinan.

3. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Cyber Bullying

[Pernyataan Umum]

Cyber bullying adalah bagian yang termasuk dari aksi bullying, artinya kejahatan yang dilakukan dengan sengaja dalam berbagai bentuk, seperti fitnah, ejekan, hinaan, ancaman, kata-kata kasar, hingga pelecehan.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Kejahatan yang disengaja ini disebabkan oleh individu atau sekelompok individu yang berniat membuat kesal atau bahkan sampai membuat mental individu mengalami gangguan psikis. Kasus bullying ini biasanya sering terjadi dikalangan pertemanan.

Adapun faktor lain yang menyebabkan terjadinya bullying, yaitu kurangnya pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab atau hal ini digampangkan oleh pihak tertentu. Bullying ini terlihat biasa saja, namun akibatnya sangat luar biasa hingga terganggunya mental korban.

[Interpretasi]

Cyber bullying dapat diatasi jika dalam pikiran individu memiliki kesadaran untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak atau melakukan sesuatu, sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain dan permasalahan bullying ini dapat diatasi oleh pihak sekolah atau keluarga yang harus ikut berkomitmen dalam perannya untuk mengatasi cyber bullying.

4. Contoh teks eksplanasi beserta strukturny, judul: Kriminalitas

[Pernyataan Umum]

Kriminalitas adalah tindak kriminal yang berbentuk tindakan sosial dari kejahatan. Tindakan kriminal tidak ada yang dibenarkan, karena kriminal merupakan perbuatan yang didasari untuk memenuhi keinginan individu atau sekelompok tertentu dan dapat merugikan banyak korban akibat perbuatan individu maupun sekelompok individu.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Terjadinya perbuatan kriminalitas ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya memiliki sifat iri terhadap seseorang, biasanya dalam hal kekayaan atau kekuasaan. Faktor lainnya juga bisa disebabkan oleh faktor ekonomi yang tidak mencukupi, kurangnya pemahaman agama dan memiliki pola pikir yang salah sehingga mengakibatkan seseorang untuk berpikir melakukan kriminalitas dalam memenuhi yang diinginkan.

[Interpretasi]

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengatasi masalah kriminalitas. Mencegah terjadinya kriminalitas bisa dengan cara memahami agama lebih dalam dan memberikan pengawasan serta menerapkan hukum yang adil untuk semua orang tanpa memandang status sosial.

5. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Kenakalan Remaja

[Pernyataan Umum]

Kenakalan remaja merupakan perbuatan yang dilakukan oleh remaja yang melanggar aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya seperti tidak masuk sekolah, berkelahi, hingga menggunakan obat-obatan terlarang.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Peristiwa ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu tidak dapat mengontrol diri, tidak bisa mencari jati dirinya, memiliki pertemanan yang salah. Namun, kenakalan remaja juga dapat disebabkan dari lingkungan keluarga, seperti kurangnya kasih sayang orang tua dan kurangnya ajaran agama yang dipahami.

Hal ini berakibatkan terjadinya diri individu melakukan perbuatan-perbuatan yang dilanggar untuk mencari jati diri dan memenuhi kesenangan dirinya.

[Interpretasi]

Anak remaja merupakan rentan usia yang sedang di masa keingintahuan yang besar dan mencari jati diri. Jika dalam pencarian jati diri tidak terarah, maka akan membuat seseorang melakukan kenakalan remaja. Hal ini dapat diatasi mulai dari lingkungan keluarga dan memilih lingkungan pertemanan yang sehat.

6. Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial, judul: Demonstrasi Massa

[Pernyataan Umum]

Akhir-akhir ini demonstrasi kerap terjadi hampir setiap waktu dan terjadi di berbagai tempat. Bahkan, demonstrasi sudah menjadi fenomena yang lumrah di tengah-tengah masyarakat kita.

[Urutan Sebab Akibat]

Menanggapi fenomena tersebut, seorang kepala daerah menyatakan bahwa penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat. Lantas ia mencontohkan rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem, lantaran kesejahteraan mereka terpenuhi maka demonstrasi di negara-negara itu jarang terjadi.

Tentu saja komentar tersebut menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang bupati mencabut kembali pernyataannya. Para mahasiswa tidak terima dan tidak merasa memiliki motif serendah itu. Mereka berpendirian bahwa demonstrasi yang biasa mereka lakukan murni untuk memperjuangkan kebenaran dan melawan kemungkaran yang terjadi di hadapan mereka.

Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut, bahkan banyak peristiwa yang sama sekali tidak didasari oleh motif itu. Dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, Abraham Maslow membaginya ke dalam beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling mendasar adalah makan dan minum. Sementara itu, yang paling puncak adalah kebutuhan akan aktualisasi diri.

Namun demikian, pada umumnya demonstrasi massa justru lebih didasari oleh kebutuhan tingkatan akhir itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah maupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui. Karena merasa dibiarkan, hak-haknya diingkari, bahkan dinistakan, kemudian mereka berusaha untuk menunjukkan jati dirinya dengan cara berdemonstrasi.

[Interpretasi]

Dengan fakta semacam itu, nyatalah bahwa kemiskinan bukanlah penyebab utama untuk terjadinya gelombang demonstrasi. Akan tetapi, fenomena tersebut lebih disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis dari warga masyarakat. Mereka tahu akan hak-haknya, mengerti pula bahwa di sekitarnya telah terjadi pelanggaran dan kesewenang-wenangan.

Mereka kemudian melakukan protes dan menyampaikan sejumlah tuntutan. Apabila faktor-faktor itu tidak ada di dalam diri mereka, apapun yang terjadi di sekitarnya, mereka akan seperti kerbau dicocok hidung: manggut-manggut dan berkata ya pada apapun tindakan dari pimpinannya meskipun menyimpang dan bahkan menzalimi mereka sendiri.

7. Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial, judul: Narkoba

[Pernyataan Umum]

Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan, penelitian, menghilangkan rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi apabila digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar dapat menimbulkan bahaya adanya adiksi/ketergantungan obat (ketagihan). Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

[Urutan Sebab Akibat]

Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba karena penasaran dan keinginan untuk bersenang senang.

Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Yang ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar.

Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya. Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka

mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan dan juga yang lebih mengkhawatirkan adalah kematian.

[Interpretasi]

Penyalahgunaan narkoba sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat. Adapun cara mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yaitu berikan pendidikan agama sejak dini agar mengetahui mana yang baik dan yang buruk, awasi pergaulan di sekolah maupun di luar sekolah, dan berikanlah perhatian khusus agar ia tidak perlu mencari kesenangan dengan cara yang salah. Oleh karena itu , harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.

8. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Pengamen Jalanan

[Pernyataan Umum]

Semakin menjamurnya pengamen jalanan saat ini terutama di kota-kota besar seolah menimbulkan masalah tersendiri. Ada yang menanggapinya secara positif namun lebih banyak lagi yang menanggapinya secara negatif.

Pengamen jalanan adalah penari, penyanyi, atau pemain musik yang mengadakan pertunjukkan di jalanan dengan cara berpindah pindah dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Pengamen jalanan lekat dengan simbol anak jalanan yang digambarkan dekil, kotor, nakal, kriminal, dsb.

[Urutan Sebab Akibat]

Buruknya pandangan masyarakat terhadap pengamen jalanan menimbulkan problema tersendiri yang patut untuk dibahas. Stigma negatif masyarakat terhadap keberadaan pengamen sudah berlangsung sejak lama. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Faktor tersebut antara lain , karena sebagian besar masyarakat menganggap buruk profesi ini.

Masyarakat berasumsi bahwa semua pengamen jalanan tidak berpendidikan dan akrab dengan dunia hitam kriminal, dan masih banyak lainnya. Faktor faktor diatas hanya segelintir dari beragam alasan yang muncul di masyarakat terkait tanggapan negatif mereka terhadap pengamen jalanan. Banyak hal yang melatarbelakangi orang orang untuk turun ke jalan dan mengamen. Ada yang dikarenakan himpitan ekonomi sehingga mengharuskan mereka untuk turun ke jalan demi sesuap nasi.

Ada juga yang dilatarbelakangi alasan untuk menyalurkan hobi dan minat mereka. Lazim ditemui para mahasiswa yang menjadi pengamen karena minat dan hobi mereka adalah bernyanyi dan bermain musik. Masyarakat di kota kota besar yang menggunakan moda transportasi pribadi maupun publik mungkin sudah terbiasa dengan hilir mudik pengamen jalanan yang menyatu dengan para pedagang asongan, pengemis, gelandangan, dll.

[Interpretasi]

Tanggapan masyarakat awam tentang pengamen jalanan beragam, ada yang mengaku cukup terhibur dan senang terhadap keberadaan mereka. Lebih banyak lagi yang merasa terganggu dan tidak nyaman terhadap mereka. Cita pengamen diperburuk lagi dengan banyaknya kasus kriminal yang melibatkan pengamen jalanan sebagai pelakunya.

Pengamen jalanan tidak boleh kita pandang hanya dengan sebelah mata.

9. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Urbanisasi

[Pernyataan Umum]

Arus urbanisasi ke kota-kota besar di Indonesia semakin besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi regional.

[Urutan Sebab Akibat]

Di sisi lain, kesempatan kerja yang tersedia di kota-kota besar tersebut tidak mampu menampung pelaku urbanisasi karena keterbatasan keterampilan yang dibawa dari daerah asal. Akhirnya, muncul gelandangan dan pengemis di kota-kota besar di Indonesia. Apa yang disebut gelandangan dan pengemis.

[Interpretasi]

Gelandangan adalah orang-orang yang hidup dalam keadaan yang tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat setempat, serta tidak mempunyai tempat tinggal dan pekerjaan tetap di wilayah tertentu. Pengemis adalah orang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta di muka umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan orang lain.

10. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Tawuran

[Pernyataan Umum]

Tawuran adalah suatu proses saling menyerang atau berkelahi yang dilakukan secara berkelompok dan terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain karena ada suatu permasalahan.

[Urutan Sebab Akibat]
Tawuran tidak mengenal usia. Pihak-pihak yang terlibat tawuran bisa remaja, dewasa, bahkan anak-anak di bawah umur.

[Interpretasi]
Tawuran yang paling umum terjadi adalah merupakan tawuran antarpelajar.

Itulah contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar para siswa memahami pelajaran bahasa Indonesia.

Topik Menarik