Ingin Hidup Sehat? Konsumsi Sawi Hijau Kaya Akan Vitamin Baik Bagi Tubuh

Ingin Hidup Sehat? Konsumsi Sawi Hijau Kaya Akan Vitamin Baik Bagi Tubuh

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 29 Agustus 2022 - 11:52
share

BATU, iNews.id - Jika kamu suka makan sayur, tentu tidak asing lagi dengan sayur hijau bernama sawi. Sayur yang biasa digunakan sebagai campuran mi dan sup ini sangat mudah didapat di pasar atau tukang sayur yang melalui depan rumah. Harganya juga sangat terjangkau.

Jika kamu termasuk penggemar Sayur Sawi, karena itu kamu beruntung. Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan. 5 manfaat sawi, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sumber vitamin dan mineral

Sawi sebagai sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berperan menjaga kepadatan tulang serta mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

Sawi sebagai sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik pada sintesis DNA, mencegah terjadinya cacat janin dan jaga perkembangan janin yang sehat.

2. Kaya antioksidan

Sawi sebagai sumber fitonutrien atau tanaman yang dibuat gizi dan antioksidan. Selain vitamin C dan A, miliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang disebut fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.

Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada beberapa sel dalam tubuh sehingga bisa membantu mencegah kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker paru-paru. Antioksidan sanggup membuat kulit sehat dan bersih bebas kerutan. Tersebut mengapa tubuh perlu banyak antioksidan.

3. Membantu detoks tubuh

Sawi hijau yang kaya serat akan sekaligus jadi agen detoks yang paling baik di dalam usus. Disamping itu, sawi mengandung serat, sulfur, dan antioksidan sehingga sangat baik pada membersihkan pencernaan tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga baik pada menyerap karbon dioksida yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Sawi sebagai sayur anti-karsinogenik yang mengandung senyawa alami glucosinolate, yang selanjutnya dikonversi tubuh ke isothiocyanate yang mempunyai sifat mencegah kanker. Disamping itu, kandungan antioksidan, mineral dan vitamin dalam sawi hijau tinggi sekali sehingga sangat baik pada menurunkan resiko terserang kanker.

5. Bersifat anti-inflamasi

Sawi mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah peradangan akut dan mengurangi resiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak pada bagian tubuh yang lain. Ini karena sawi mempunyai kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh. Disamping itu mengandung isothiocyanate yang berperan mencegah peradangan dan mengurangi resiko stroke.

Topik Menarik