Sneakers Basket Paling Ikonik di Slam Dunk, Mana yang Kamu Punya?

Sneakers Basket Paling Ikonik di Slam Dunk, Mana yang Kamu Punya?

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 16 Juli 2022 - 12:20
share

Dengan pengumuman kembalinya Slam Dunk di akhir tahun 2022, banyak penggemar (termasuk UP Station) jadi bernostalgia. Penulis yakin, beberapa penggemar Slam Dunk yang veteran pasti pernah mendapatkan salah satu sneakers basket yang diperkenalkan kisahnya.

Ini membuat penulis menilik kembali mengenai apa yang sudah pernah dibawakan kisahnya. Berikut ini adalah beberapa sneakers basket paling ikonik yang pernah diperkenalkan oleh manga/anime Slam Dunk tersebut!

Nike Air Jordan 1 Bred

sneakers basket Slam Dunk Air Jordan 1 Bred

Dalam animenya, sneakers basket yang satu ini dikenakan oleh Hanamichi Sakuragi, pemeran utama Slam Dunk . Berwarna hitam dan merah, sepatu ini dijuluki Air Jordan 1 Bred (Black-Red) . Ini merupakan salah satu varian dari sneakers ikonik Michael Jordan, yang didesain pada tahun 1985.

Air Jordan 1 yang orisinal sempat di- banned dari NBA karena dianggap melanggar regulasi seragam. Setiap kali Michael Jordan mengenakannya dalam sebuah pertandingan, maka ia harus membayar denda sebesar $5000. Uniknya, Nike rela membayar semua denda yang harus dibayarkan Michael Jordan.

Nah, kemudian muncul seri sneakers Air Jordan 1 Bred, yang telah dirilis berulang-kali dalam bentuk versi remastered pada tahun 1994, 2009, 2011, 2013, dan 2016. Rilis sneakers ini pun selalu dalam jumlah terbatas, membuatnya menjadi salah satu sneakers terlangka yang paling diincar banyak orang.

Air Jordan 1 Bred mendapat lebih banyak sorotan di asia berkat seri manga/anime Slam Dunk, yang telah menjadi sneakers Hanamichi sejak episodenya yang ke-96. Apakah ini masih dikenakannya pada sekuel mendatang?

NIke Air Jordan 5 Fire Red

sneakers basket Slam Dunk AJ 5 Fire Red

Ini adalah sneakers yang digunakan Michael Jordan pada musim NBA 1989-1990, di mana dirinya berhasil mencapai 92 three-pointers ketika menggunakannya. Menurut sejarah, Air Jordan 5 Fire Red memang didesain untuk pemain yang senang bermain offense .

Nah, pengarang Slam Dunk , Takehiko Inoue memasangkan sepatu ini kepada small forward Shohoku, Kaede Rukawa. Tentu saja sepatu ini sangat cocok pada bintang dan ace utama dari tim tersebut. Kalian semua pasti setuju kan?

Converse Pro Conquest High

Pro Conquest High

Bisa dikatakan salah satu sneakers terlangka seperti Air Jordan 1 Bred di atas, Converse Pro Conquest HI sudah sangat sulit untuk ditemukan. Sneakers -nya sudah tidak diproduksi lagi, dan mungkin yang tersisa saat ini hanya dimiliki oleh para kolektor saja.

Apalagi brand Converse sudah tidak begitu mengikuti pasar sneakers basket dan sepatu olahraga pun bukan fokus utama mereka. Oleh karenanya, tak banyak yang diketahui mengenai sejarah dari sneakers ini. Namun, perlu dicatat bahwa Converse masih merilis beberapa sepatu basket ya!

Terlepas dari itu, kita juga tahu bahwa Converse Pro Conquest HI ini adalah sepatu yang dikenakan oleh Gori a.k.a Takenori Akagi, sang kapten dari Shohoku. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sepatunya rilis pertama kali pada tahun 1991 dan tak ada informasi apabila varian berdasarkan modelnya pernah dirilis atau tidak.

Asics Tiger TBF 707

Asics TBF 707

Termasuk dalam kategori Hi-Top sneakers , Asics Tiger TBF 707 ini merupakan buatan Jepang dan sangat populer di tahun 80-an. Dengan desain yang cukup sederhana, yaitu base color putih dengan garis desain khas Asics berwarna merah, membuatnya sangat mudah untuk dikenali.

Sneakers ini menjadi lebih dikenal lagi karena dikenakan oleh Hisashi Mitsui, sang three-pointer andalan Shohoku yang dikenal tidak pernah menyerah. Hal ini memberinya nilai sentimental yang akan memberi semangat kepada pemain basket manapun.

Termasuk deretan sepatu yang terbatas, Asics Tiger TBF 707 (red) masih sempat dirilis ulang dari tahun ke tahun. Terakhir kali diketahui kalau sneakers ini mendarat di Taiwan sejumlah 60 pasang dan dibanderol seharga Rp17,7 juta per pasang.

Converse Conquest Mid

Conquest mid

Satu lagi sneakers yang sangat sulit untuk ditemukan hari-hari ini, yaitu Converse Conquest Mid yang dikenakan oleh Ryota Miyagi. Ya, sneakers yang satu ini masih satu deret dengan Converse Conquest yang dikenakan Akagi. Hanya saja, ini versi mid -nya dengan skema warna yang mirip seperti Air Jordan 1.

Converse Conquest Mid cukup populer di tahun 80-an dan awal 90-an, karena fakta di mana ini juga pernah dikenakan oleh beberapa pemain basket NBA ternama seperti Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Larry Bird, Kevin McHale, Julius Erving, Bill Laimbeer, dan Isaiah Thomas.

Air Jordan 6 Infrared (White)

sneakers basket Slam Dunk AJ 6 Infrared

Nike Air Jordan 6 yang dirilis pada tahun 1991, merupakan sneakers spesial yang membawa Michael Jordan meraih kemenangan pertamanya di NBA. Selain itu, Air Jordan 6 juga dikenal sebagai sneakers basket pertama yang dikenakan oleh Hanamichi Sakuragi. Warna OG Infrared ( white based ) di atas adalah warna Hanamichi.

Infrared adalah model yang sangat populer dengan warna dasar putih/hitam dan berbagai garis merah yang tersebar. Berhubung tahun 2022 akan memperingati 30 tahun dari Air Jordan 6, mungkin sebuah reprint akan diluncurkan untuk merayakannya.

Air Jordan 8 Aqua

AJ 8 Aqua

Nike Air Jordan 8 adalah model yang dirilis pada tahun 1993 dan paling mudah dikenali berkat support cross strap yang berbentuk huruf X. Michael Jordan membawa timnya, Chicago Bulls ke NBA Finals untuk ketiga kalinya sembari mengenakan Air Jordan 8 ini.

Desainnya membawa perubahan radikal dari pendahulunya, menampilkan apa yang disebut sebagai chenille tongue patch dan desain tali silang yang disebutkan di atas. Selain itu, varian Aqua dari Air Jordan 8 ini juga sempat muncul di manga/anime Slam Dunk , dikenakan oleh Tatsumasa Oda dari Takezono.

***

Itu dia seluruh sneakers paling ikonik dalam kisah Slam Dunk. Anime yang satu ini memang tidak segan-segan untuk mempromosikan beberapa sneakers basket yang sangat diinginkan sejuta umat. Sekarang, kisahnya yang telah berakhir pada tahun 1996, bersiap-siap untuk kembali lagi dalam waktu dekat.

Akan hadir di layar lebar, Hanamichi Sakuragi dan tim Shohoku akan kembali pada 3 Desember 2022. Kira-kira tentang apa ya kisahnya? Terlebih lagi, sneakers basket mana yang akan menjadi bagian dari sekuel berjudul The First Slam Dunk ini?


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik