4 Sekolah Unggulan yang Pendirinya Tokoh Indonesia, Nomor 3 Milik Luhut Binsar Pandjaitan

4 Sekolah Unggulan yang Pendirinya Tokoh Indonesia, Nomor 3 Milik Luhut Binsar Pandjaitan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 11 Juli 2022 - 19:57
share

JAKARTA, iNews.id - Sekolah unggulan merupakan sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya. Ada banyak tokoh Indonesia yang mendirikan sekolah dengan berbagai tujuan.

Salah satunya untuk memajukan pendidikan Indonesia. Sekolah yang didirikan para tokoh nasional ini juga dikenal dengan berbagai prestasinya.

Berikut daftar 4 sekolah unggulan dengan pendirinya seorang tokoh Indonesia:

1. SMA Negeri 1 Matauli Pandan

SMA Negeri 1 Matauli Pandan berhasil menjadi salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pembina dan Pendiri Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) Akbar Tanjung ketika melantik 348 orang siswa baru SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan Angkatan ke XXII di gymnasium SMA Negeri 1 Matauli Pandan pada 2016 silam.

Sekolah ini didirikan pada 1994 di Jalan KH Dewantara Nomor 1 Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

SMA Negeri 1 Matauli Pandan merupakan sekolah negeri yang pengelolaannya bekerja sama dengan Yayasan Maju Taipan Nauli (Matauli).

SMA ini telah mendapat sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 yang menjadi pedoman penyelenggaraan sistem manajemen sekolah.

Pada 2012, SMA Negeri 1 Matauli Pandan dipercaya menjadi sekolah penyedia layanan data berbasis IT di seluruh SMA di Kabupaten Tapanuli Tengah oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SMA Negeri 1 Matauli ini dibentuk atas dasar kesadaran tokoh masyarakat Sumatera yang didorong oleh Marsipature Hutana Be yang artinya membangun kampung halaman.

Pada tahun ajaran 1994/1995, sekolah ini diprakarsai oleh pendiri, pembina serta pelindung SMA Negeri 1 Matauli Pandan yaitu Jenderal Purn Feisal Tanjung, Dr Ir Akbar Tandjung dan beberapa pendiri lainnya.

Sekolah ini juga telah menorehkan beberapa prestasi seperti Juara III Lomba Perpustakaan Nasional di Hotel Kartika Candra pada 2015.

SMA
SMA Negeri 1 Matauli Pandan, salah satu sekolah unggulan yang dirikan tokoh Indonesia. (Foto : Facebook/MA Negeri 1 Matauli Pandan)

2. SMA Negeri 2 Balige

TB Silalahi merupakan sosok pendiri Yayasan TB Soposurung Balige yang mendirikan sebuah asrama bermutu serta menjadi pilihan para pelajar SMP di Indonesia. Asrama ini diburu para pelajar karena berkualitas. Pelajar yang masuk asrama ini akan sekolah di SMA Negeri 2 Balige.

Diketahui, TB Silalahi adalah mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Sekolah yang didirikan pada 1991 ini terletak di Jalan Kartini Soposurung Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

SMA Negeri 2 Balige mempunyai visi Berprestasi Dalam Iptek, Berwawasan Lingkungan, Berbudaya dan Beriman Menjawab Tantangan Zaman. Bahasa internasional wajib dipraktikkan pada Senin, Rabu, Jumat.

Tak hanya digunakan ketika kegiatan belajar mengajar, pada tiga hari tersebut bahasa Inggris digunakan pula sebagai bahasa pengantar. Lulusan sekolah ini berhasil lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, seperti UI, ITB, UGM, USU, dll.

Sekolah ini masih diminati serta sejumlah alumni telah berhasil dalam dunia karier serta pengabdian kepada nusa dan bangsa.

3. SMA Unggul Del

SMA Unggul Del merupakan sekolah binaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. sekolah ini berada di peringkat ketiga secara nasional berdasar rerata nilai UTBK pada 2020.

Sekolah unggulan milik Luhut Binsar Pandjaitan ini didirikan pada 2011. Menurut Surat Keputusan (SK) Operasional Bupati Toba Samosir Nomor 198 Tahun 2011, SMA Unggul Del resmi beroperasi sejak 1 Juni 2012.

SMA Unggul Del terletak di Jalan YP Arjuna, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

MarTuhan, Marroha, Marbisuk merupakan moto atau nilai dasar yang dipegang SMA Unggul Del. Sekolah ini teguh guna menciptakan generasi pemimpin yang unggul dalam pengetahuan namun juga percaya kepada Tuhan (MarTuhan), berhati nurani luhur (Marroha) serta bijaksana (Marbisuk).

Tak hanya prestasi yang unggul, SMA ini juga dilengkapi fasilitas unggulan, seperti perpustakaan, kantin, asrama hingga laboratorium. Untuk kantinnya, SMA ini menyediakan menu makanan dengan standar gizi untuk siswanya.

4. Homeschooling Kak Seto

Homeschooling Kak Seto terletak di Bintaro, Tangerang Selatan. Pada sistem homeschooling bentukannya ini, Kak Seto, yang merupakan psikolog sekaligus tokoh pendidikan homeschooling Indonesia menerapkan sistem sekolah tiga hari yang telah diuji coba selama 13 tahun.

Sekolah unggulan milik Kak Seto ini dalam seminggu hanya tiga hari belajar dengan per harinya tiga jam. Kak Seto juga mempunyai sebuah sekolah formal Mutiara Indonesia Internasional yang bekerja sama dengan Universitas Cambridge di Inggris sejak 1982.

Dari dua sekolah yang dijalankannya, Kak Seto meyakini proses kegiatan belajar mengajar tiga hari dinilai mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul. Lulusannya ada yang masuk UI, UGM hingga Universitas Diponegoro.

Topik Menarik