Fuganto Widjaja Cucu Eka Tjipta Mundur dari Komisaris Golden Energy Mines (GEMS)

Fuganto Widjaja Cucu Eka Tjipta Mundur dari Komisaris Golden Energy Mines (GEMS)

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 7 Juli 2022 - 18:57
share

IDXChannel - PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) menyampaikan telah menerima surat pengunduran diri Fuganto Widjaja selaku Komisaris Perseroan pada 6 Juli 2022. Fugato merupakan cucu dari Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas Group.

Dalam keterbukaan informasi BEI, Kamis (7/7/2022), Corporate Secretary GEMS Sudin SH menegaskan surat pengunduran diri Fuganto Widjaja atau cucu konglomerat Eka Tjipta Widjaja pendiri Grup Sinarmas itu akan disahkan dalam RUPS GEMS.

"Perseroan akan segera menyelenggarakan RUPS untuk mengganti posisi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Sudin.

Fuganto Widjaja merupakan Komisaris Perseroan berdasarkan persetujuan RUPSLB Perseroan pada 25 November 2016 dan kemudian diangkat kembali untuk kedua kalinya oleh RUPS Perseroan pada 6 Mei 2021.

Saat ini Fuganto juga menjabat sebagai Komisaris BIB, anak perusahaan Perseroan, Presiden Direktur PT Berau Coal Energy Tbk, Direktur Eksekutif dan Group CEO Golden Energy and Resources Ltd, perusahaan yang berdomisili di Singapura dan Komisaris PT Sinar Mas Multiarta.

Sebelumnya, Fuganto menjabat sebagai Analis Investasi di UBS Bank Singapore (2003), Presiden Direktur PT Super Wahana Tehno (2005-2006) dan Wakil Presiden Direktur BIB (2006-2011).

Fuganto lulus dari College of Arts and Sciences, Cornell University, jurusan Computer Science and Economics pada tahun 2003, dan dari Cambridge University juga, Judge Institute of Management Studies pada tahun 2004.

Adapun Fuganto Widjaja memiliki hubungan afiliasi dengan pemegang saham utama dan/atau pemegang saham pengendali Perseroan. Fuganto tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Direksi dan Dewan Komisaris.

Seperti diketahui, Fuganto merupakan anak dari Indra Widjaja itu mengawali karir sebagai Investment Analyst di UBS pada 2003. Setelah itu, dia merintis bisnis air mineral Sinarmas dengan merek Pristine.

Air minum Pristine ini merupakan produk dari PT Super Wahana Tehno, salah satu anak perusahaan Grup Sinar Mas, PT Sinar Mas Multiartha Tbk. Bersama Fuganto, Sinarmas pun menjalin kerja sama dengan Nihon Trim Co. Ltd untuk pengembangan Pristine pada November 2006.

Setelah membangun merek Pristine, Fuganto juga terlibat dalam pengembangan PT Bank Sinarmas Tbk. Sinarmas Multiartha mengakuisisi Bank Shinta sejak April 2005. ( RRD )

Topik Menarik