Proyek Jalan Tol Puncak Bogor Berlanjut, Ini Progresnya

Proyek Jalan Tol Puncak Bogor Berlanjut, Ini Progresnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 10:58
share

IDXChannel - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan proses pembangunan proyek jalan tol Puncak Bogor. Rencana tersebut muncul usai rombongan anggota komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke sana.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan hingga saat ini rencana tersebut masih dalam tahapannya pra FS ( Feasibility Study ) studi kelayakan.

"Rencana trase yang sedang dikaji dalam Pra FS dari Caringin ke Megamendung/Cisarua, lalu ke Gunung Mas hingga Cianjur," ujar Endra kepada MNC Portal , Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut Jubir Kementerian PUPR itu menjelaskan beberapa aspek menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan pra FS yang dilakukan saat ini. Bukan hanya mengukur berkurangnya kemacetan saja, namun sosial hingga lingkungan juga menjadi pertimbangan.

"Pertimbangan sosial, ekonomi/finansial dan lingkungan harus menjadi dasar pengambilan keputusan untuk pelaksanaannya," kata Endra.

Hal tersebutlah yang membuat proses pra FS memakan waktu yang cukup lama. Bahkan hingga akhir tahun pun belum tentu proses tersebut selesai dan lanjut pada tahapan selanjutnya.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita lanjutkan dengan FS dan AMDAL-nya," sambungnya.

Anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa mengatakan saat ini masyarakat yang berada di Puncak Bogor maupun Cianjur kerap menjadi korban kemacetan akibat penumpukan kendaraan yang datang dari Jakarta.

"Permintaan mereka cuma dua, pertama minta diselesaikan jalur puncak II, kedua tol Bocimi bisa sampai segera sampai ke Cianjur," kata Neng Eem dalam raker bersama Kementerian PUPR.

"Saya senang dengar akan ada tol dari Macaringin sampai ke Gunung Mas, saya kira itu akan membantu, walaupun itu hanya sampai wilayah Bogor belum sampai Cianjur," pungkasnya. (FRI)

Topik Menarik