Fakta-fakta Mekkah, Kota Suci Peradapan Islam yang Harga Tanahnya Termahal di Dunia

Fakta-fakta Mekkah, Kota Suci Peradapan Islam yang Harga Tanahnya Termahal di Dunia

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 20:45
share

KotaMekkah, Arab Saudi adalah kotasuciimpian umat muslimdiseluruhduniauntuk bisa melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Bernama panjang Makkah al Mukarramah yang berartiMekkahyang dimuliakan, kotainisejak abad ke-7 ini hanya boleh dimasuki oleh umat Muslim. Lalu apa saja fakta-fakta terkait Kta Mekkah? Berikut ulasannya:

1. Tempat Lahir Nabi Muhammad SAW

mekkah
Jabal Rahma di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Kota ini diyakini tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, hampir separuh hidup Rasulullah dihabiskandikotaini. Mekkahtentu tak terlepas dari Masjidil Haram, masjid terbesardantermahaldiduniadenganluas 356.800 meter persegi yang beradadipusatKotaMekkah.

Di sinilah Ka\'bah berdiri,ditengah-tengah masjid yang menjadi arah salat para Muslim seluruhdunia(kiblat)danmenjadi bagianibadah Haji atau Umrohdenganmengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali yang disebut tawaf.

Kegiatan dalam Haji atau Umroh lainnya adalah Sa\'i yaitu berjalan atau berlari-lari kecil dari Bukit SafadanMarwah sebanyak tujuh kali. Kedua bukit ini beradadidalam gedung yang menempeldenganMasjidil Haram.

2. Kota Suci Bagi dan Tempat Islam Berkembang

mekkah
Jabal Tsur di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sebagaikotasuci, jejak perjalanan Rasulullah SAW mengembangkan Islam bisa dilihatdibeberapa tempat seperti Gua Hira. Gua ini terletak sekitar 6 kmdisebelah timur lautKotaMekkahyang merupakan ronggadidalam gunung yang beradadipuncak Jabal Nur.

Tinggi gua ini sekitar 280 cmdenganpanjang sekitar 3 meterdanlebar antara 1,5-2 meter. Mendakinya harus melewati lebih 1000 anak tangga. Sesampaidipuncak bukit pemandanganKotaMekkahakan terlihat jelas.

Di sinilah Nabi Muhammad SAW yang ketika itu berusia 40 tahun menerima wahyu pertama kalinya dari Allah yaitu Surat Al Alaqdansebagai pengangkatan beliau sebagai nabidanrasul. Tempat lain adalah Jabal Tsur yang berada 4 km dari Masjidil Haram, salah satu gunungtertinggidiKotaMekkahyangmempunyaigua yang bersejarah yaitu Gua Tsur.

Gua ini sebagai tempat bersembunyiRasulullah SAW bersama sahabatnya Abubakar yang dikejar oleh kaum Quraisy ketika beliau akan hijrah ke Madinah. Napak tilas lainnya bisa dilihatdiJabal Rahmah atau Bukit Kasih Sayang yang beradadibagian timur Padang Arafah, sebagai tempat bertemunya Nabi AdamdanSiti Hawa setelah puluhan tahun dibuang ke bumi.

Di sini pula wahyu terakhir diterima Rasulullah SAW sebelum beliau wafat ketika melakukan Haji Wada atau haji terakhir. Dandibukit ini pula Nabi Ibrahim AS berketetapan hati menerima perintah berkurban yang datang melalui mimpinya.

Sedangkan Padang Arafah sebagai tempat dalam berhaji dimana dilakukannya Wukuf atau mengasingkan diri tanpa melakukan apapun. Luasnya diperkirakan mencapai 12 juta meter persegidanbisa menampung jamaah haji jutaan setiap tahunnya.

Napak tilas perkembangan Islam lainnya bisa dilihatdimuseum Al Haramain. Masuk ke museum ini tanpa membayar sepeserpun.Di sini sejarah dari masa ke masa Masjidil HaramMekkahdanMasjid Nabawi Madinah bisa menambah wawasan para jamaah.

Menuju museum, jamaah akan melewati Masjid Hudaibiyah dimana Rasulullah SAW menandatangani perjanjian damaidengankaum kafirMekkahyang terkenaldenganperjanjian Hudaibiyah. Tempat ini sekitar 30 menit dari Masjidil Haram.

3. Punya Musala Tertinggi di Dunia

mekkah
Masjid Hudaibiyah di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Mekkahkotayang selalu ramai, sebelum pandemi Covid-19 melanda lebih 8,75 juta jamaah Haji atau Umroh memasukikotaini. Di Kota ini pula terdapat musala tertinggi di dunia yang berada 600 m di atas permukaan laut. Letaknya di Hotel Makkah Clock Royal.

Selain itu, Mekkahmemiliki jaringan pengangkut sampah terbesardidunia. Sekitar 600 ton sampah dihasilkan setiap hari selama musim hajidansampah ini diangkut melalui pipa bawahtanahsepanjang 30 kilometer dari 318 titik pengumpulan ke Central Utility Complex yang beradadiluarkota.

4. Harga Tanah di Mekkah Termahal di Dunia

mekkah
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

MekkahjugakotapertamadiJazirah Arabyang dilintasi mobil. Di kota ini terdapat pemukiman tertuadiduniakarena dialiri air zam-zam sejak 4000 tahun yang lalu.Fakta lain tentangMekkahadalah menara jam setinggi 600 meterdiKompleks Abraj Al Bait merupakan bangunantertinggiketigadidunia.

Enggak hanya itu, permukaan jamnya terbesardiduniakarena bisa dilihat dari jarak 17 km. Selain itutanahdiMekkahmerupakantanahtermahaldiduniadenganhargasatu meter perseginya mencapai 100 ribu dollar AS.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini .

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik