Bener Gak Sih Nyelam Bisa Bikin Rileks? Yuk Ah Buktiin...

Bener Gak Sih Nyelam Bisa Bikin Rileks? Yuk Ah Buktiin...

Gaya Hidup | netralnews.com | Rabu, 1 Juni 2022 - 12:21
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Diving atau menyelam merupakan olahraga yang dilakukan di bawah laut. Saat ini diving sudah banyak diminati banyak orang sebagai sarana rekreasi sekaligus olahraga yang menyehatkan tubuh.

Dahulu kala, hanya angkatan laut Amerika saja yang umum melakukan olahraga ini. Tetapi sekarang, banyak masyarakat umum mulai menggemarinya.

Diving itu sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu free diving atau menyelam bebas dan scuba diving atau menyelam scuba.

Scuba sendiri merupakan singkatan dari Self-Contained Underwater Breathing Apparatus yang menggunakan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen, regulator, tangki, dan alat penambah berat untuk menjelajah alam bawah laut.

Salah satu manfaat dan keuntungan yang Anda dapatkan dari olahraga menyelam ini adalah dapat menghilangkan stres.

Mengombinasikan keluarnya hormon endorfin saat menyelam, melakukan pernapasan dalam, dan melihat pemandangan bawah laut yang cantik, bisa membantu Anda melepas stres. Anda mungkin akan merasakan kedamaian dan ketenangan saat berada mengapung dalam air.

Publik Relation Pengurus Pusat Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI) Christie Ingrid Natalia mengatakan saat ini olahraga menyelam sudah diminati oleh banyak orang.

"Awal pandemi sampai sekarang peminat selam semakin bertambah, dari mulai umur 8 tahun 30 tahun dan tidak menutup kemungkinan yang berumur di atas 30 tahun", kata Christie pada netralnews.com, di sela acara Silaturahmi Penggiat Wisata Petualangan, Selasa, (31/5/2022).

Lebih lanjut Christie menjelaskan olahraga yang bisa membuat pikiran rileks ini juga digemari anak-anak.

"Selama pandemic tidak banyak kesibukan sehingga banyak anak-anak yang juga mulai menggemari dan mengambil sertifikat menyelam bersama orangtuanya", jelasnya.

Kalau mau belajar menyelam berapa bayarnya dan di mana?

Untuk harga belajar menyelam yaitu mengikuti sertifikat Open Water cukup variatif mulai dari harga Rp 5,500,000 7,500,00 karena setiap operator dive berbeda-beda harga paketnya dan memiliki fasilitas yang berbeda-beda juga.

Untuk belajar atau mengambil sertifikat menyelam di Jakarta ada beberapa pilihan operator dive : Ody dive Center, Bubbles dive center, Master selam, Kurabesi dive school, Java Scuba dive center, Mazu dive center, Kristal klear dive dan lain-lain.

Topik Menarik