Ternyata Warna Kulit Pisang Bisa Membedakan Kandungan di Dalamnya, Ini Penjelasannya

Ternyata Warna Kulit Pisang Bisa Membedakan Kandungan di Dalamnya, Ini Penjelasannya

Gaya Hidup | netralnews.com | Jum'at, 22 April 2022 - 14:31
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda gemar makan pisang? Ya, pisang merupakan salah satu primadona buah bagi masyarakat Indonesia.

Ada beragam jenis buah pisang, ada yang bisa langsung dimakan, diolah menjadi kue, hingga pisang muda untuk keripik dan inovasi lainnya. Pisang pun bisa dimakan dalam keadaan kulit yang kuning kehijuan, sudah menguning, hingga berbintik-bintik cokelat.

Pada dasarnya, tingkat kematangan pisang memang bervariasi. Ada yang hijau dan keras, ada yang kuning lunak dan ada yang berbintik cokelat dan lembek. Tingkat kematangan pisang ini, memengaruhi manfaat yang dikandung dari pisang.

Pada pisang warna hijau, teksturnya keras dan kandungan gulanya rendah. Pada pisang hijau kekuningan, pisang hampir matang dan kandungan gula rendah, tetapi sudah terasa manis.

Ada juga warna kuning, tanda pisang sudah matang dan manis 80 persen. Ada juga yang kuning dengan bintik cokelat, kandungan tinggi gula dan antioksidan. Serta pisang dengan kulit cokelat, karena terlalu matang dengan tekstur lunak dan gula tinggi.

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Prof Dr Ahmad Sulaeman menjelaskan, warna kulit pisang itu menunjukkan tingkat kematangan buah. Selama kematangan buah pisang, terjadi perubahan dalam komposisi gizi.

"Jadi ketika masih hijau, maka yang lebih banyak kandungan gizinya adalah pati, bahkan pati resisten, gulanya rendah dan prebiotik. Ada prebiotik untuk makanan probiotik di dalam perut kita," ujar Prof Ahmad, dirangkum dari penjelasannya di IPB TV, Jumat (22/4/2022).

Ketika pisang matang, gula meningkat dan pati menurun. Sampai ke kematangan optimal, gula akan lebih banyak dan patinya rendah, tetapi antioksidan meningkat serta tinggi.

"Sampai ke kuning, kuning tua berbercak, itu justru sangat manis sekali dan gula tinggi. Kandungan patinya hampir tidak ada, serat mulai berkurang, tapi antioksidan tinggi," ujar Prof Ahmad.

Pisang yang kuning tua berbercak diketahui mengandung Tumor Necrosis Factor atau disingkat TNF. TNF pada pisang yang amat matang bahkan meningkat. "Makannya bagus untuk orang yang penyembuhan kanker, tumor," sambung dia.

Topik Menarik