Mengenal Sejarah Kota Kelahiran RA Kartini, Ternyata Sosok Ini Punya Jasa Besar

Mengenal Sejarah Kota Kelahiran RA Kartini, Ternyata Sosok Ini Punya Jasa Besar

Gaya Hidup | inewsid | Kamis, 21 April 2022 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal menarik dari kota kelahiran RA Kartini untuk dijelajahi. Ya, Jepara identik sebagai kota kelahiran dari RA Kartini, salah satu pahlawan Indonesia yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Selain sebagai kota kelahiran RA. Kartini, kota ini menyimpan sejarah menarik untuk diulik. Mengutip situs laman resmi kota Jepara, Kamis (21/4/2022), Jepara berasal dari gabungan tiga nama, Ujung Para, Ujung Mara dan Jumpara yang kemudian menjadi Jepara, artinya tempat pemukiman para pedagang yang berdagang ke berbagai daerah.

Mengulas Jepara, tentu tak bisa lepas dari sosok yang satu ini. Dia adalah Nimas Ratu Kalinyamat, sosok penguasa Jepara. Di bawah pemerintahan Ratu Kalinyamat dari 1549 sampai 1579, Jepara diketahui berkembang pesat menjadi kawasan bandar niaga utama di Pulau Jawa yang melayani ekspor impor.

Tidak hanya sebagai kawasan utama perdagangan, Jepara juga berhasil memosisikan dirinya menjadi Pangkalan Angkatan Laut yang telah dirintis sejak masa Kerajaan Demak.

Jika berkunjung ke kota ini, Anda bisa melihat jejak peninggalan perjuangan Ratu Kalinyamat menghadapi bangsa Portugis sebagai penjajah. Sebagai peninggalan sejarah dari perang besar antara Jepara dan Portugis, sampai sekarang bisa dilihat di Malaka komplek kuburan yang di sebut sebagai Makam Tentara Jawa.

Lebih dari sekadar kota kelahiran Kartini, Jepara juga terkenal dengan kerajinan seni ukir furniture. Nah, sosok Ratu Kalinyamat ini juga ternyata sangat berjasa dalam cikal bakal membudayakan seni ukir Jepara, yang memadukan seni ukir Majapahit dengan seni ukir Patih Badarduwung yang berasal dari China.

Seni ukir inilah yang sampai sekarang jadi andalan utama perekonomian Jepara. Bahkan pada 2010, Jepara mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis terhadap produk seni ukirnya yang khas.

Di sisi lain, Jepara juga menawarkan keindahan alam yang memesona. Jepara punya destinasi wisata alam, berbagai pantai cantik. Mulai dari Pantai Kartini yang terkenal, Pantai Tirto Samodra di Bandengan, Pantai Empu Rancak, di Karanggondang, Pantai Pungkruk di Mororejo, Pantai Guamanik Pecatu di Ujungwatu, Pantai Teluk Awur, Pantai Beringin, Pantai Ombak Mati, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Jepara juga menawarkan destinasi wisata sejarah cagar budaya yang menarik. Benteng Portugis di Donorojo, Siti Inggil Keraton Kalinyamat, Kutho Bedhah (bekas pasar kerajaan Ratu Kalinyamat), Tembok Benteng Kalinyamat, sampai tempat Pertapaan Sonder.

Topik Menarik