Mengenal Business Startup dan Small Business, Apa Bedanya?

Mengenal Business Startup dan Small Business, Apa Bedanya?

Gaya Hidup | koran-jakarta.com | Selasa, 5 April 2022 - 19:40
share

Sering mendengar istilah Startup ? Apa ya bedanya dengan Small Business ? Apakah ada perbedaan yang nyata dan penting antara apa yang dimaksud dengan small business ? Lalu apa saja yang memenuhi syarat sebagai business startup ? Simak dibawah ini!

Ternyata terdapat perbedaan antara bisnis startup dan small business . Untuk Anda pelaku usaha, berikut ini merupakan perspektif atau hasil pemikiran dari sudut pandang bisnis dunia menurut Jared Hecht, Forbes Tahun 2022 terkait definisi 2 konsep bisnis diatas yang wajib Anda ketahui.

Banyak orang berasumsi bahwa business startup biasa diartikan sebagai suatu kegiatan memulai sebuah usaha, pembangunan bisnis baru, atau perusahaan perintis yang baru berjalan. Disisi lain, small business juga memiliki definisi yang mirip dengan pemikiran seperti diatas.

Pemikiran lain mendefinisikan startup sebagai versi kecil dari perusahaan yang akan segera berkembang menjadi perusahan besar, definisi ini juga tidak sepenuhnya salah, karena berdasarkan realita yang ada, beberapa perusahaan rintisan memang menjadi perusahaan global yang besar.

Startup Vs Small Business

Secara teknis, startup dapat didefinisikan sebagai organisasi yang dibentuk dengan tujuan untuk mencari model bisnis berulang dan terukur. Seorang pendiri startup tidak hanya bekerja untuk mencari model bisnis yang paling tepat, tetapi mereka juga mencari cara untuk melakukannya dengan cepat, dengan melihat cara-cara mana yang memiliki dampak paling besar pada pasar mereka. Untuk mendukung keberhasilan dari startup , perusahaan memerlukan modal, dibarengi dengan pencarian investor dalam jumlah besar.

Sedangkan, sebuah small business tidak mencari model bisnis yang tepat atau yang paling berhasil, tetapi mereka mencari model bisnis yang dapat berfungsi sejak hari pertama. Sebuah small business adalah organisasi mandiri yang m enghasilkan pendapatan sejak pembukaan hari pertama atau terhitung sejak hari pertama beroperasi. Small business tidak memerlukan investasi yang besar serta tidak berpaku pada teori dan waktu untuk merumuskan perusahaan agar berfungsi.

Biasanya, small business menghasilkan jumlah penjualan yang relatif kecil, m emasuki pasar lokal atau regional, dan memiliki karyawan yang tidak banyak. Itu lah sekiranya perbedaan antara kedua entitas konsep model business startup dan small business . Berikut ini adalah rangkuman dalam bentuk tabel terkait perbedaan lebih jelas mengenai fungsi tujuan, pendanaan, serta visi misi dari startup dan small business menurut Jared Hecht, Forbes Tahun 2022.

Perbedaan antara startup dan small business ini dibuat untuk memudahkan Anda calon pebisnis atau pelaku usaha untuk lebih memikirkan wirausaha seperti apa yang sebenarnya ingin dilakukan, business startup atau small business . Mengetahui perbedaan sejak awal akan membantu menentukan jalur bisnis masa depan seperti apa harapan awal Anda, bagaimana berencana untuk berkembang, dengan siapa berencana melakukan kerjasama, dan pada akhirnya Anda dapat mengetahui bagaimana akan mendefinisikan sebuah kesuksesan.

Topik Menarik