Apa Penyebab Penyakit Asma? Yuk Kenali Lebih Dalam

Apa Penyebab Penyakit Asma? Yuk Kenali Lebih Dalam

Gaya Hidup | okezone | Senin, 4 April 2022 - 16:31
share

APA penyebab penyakit asma? Pertanyaan ini mungkin salah satu yang banyak ditanyakan oleh para pasien atau orangtua pasien pada dokter. Penyakit asma sendiri, merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan yang umum dan banyak diderita orang Indonesia.

Melansir dari laman mayoclinic.org, penyakit asma adalah sebuah kondisi yang terjadi dimana saluran udara yang ada di tubuh Anda menyempit dan membengkak, hal ini dapat menghasilkan lendir yang cukup banyak sehingga mengakibatkan sesak nafas.

Asma pun bisa menyerang siapa saja dengan rentang usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, gejala asma yang diderita oleh sebagian orang berbeda-beda. Namun secara umum, gejala asma adalah sebagai berikut:

Penyebab Penyakit Asma

- Adanya suara seperti siulan ketika bernafas

- Sesak nafas dan dada sesak

- Dada terasa mengencang

- Batuk, terutama pada saat malam hari

- Susah tidur

- Mudah lelah

- Merasa cemas atau panik

- Sering terjadi infeksi

Terkadang gejala ini akan memburuk atau disebut sebagai serangan asma. Lantas, apa penyebab penyakit asma? Berikut Okezone berikan informasinya untuk Anda.

Apa Penyebab Penyakit Asma?

Mengutip dari laman healthline.com dan beberapa sumber lainnya, sebenarnya tidak ada penyebab yang pasti, namun banyak peneliti mempercayai jika penyebab penyakit asma disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

- Faktor genetik yang diturunkan langsung oleh orang tua

- Faktor riwayat infeksi virus yang pernah terjadi pada masa anak-anak, seperti virus pernafasan syncytial

- Faktor kebersihan lingkungan

Topik Menarik