4 Cara Memakai Sumpit yang Mudah dan Cepat, Cocok untuk Pemula

4 Cara Memakai Sumpit yang Mudah dan Cepat, Cocok untuk Pemula

Gaya Hidup | inewsid | Rabu, 23 Februari 2022 - 15:48
share

JAKARTA, iNews.id - Cara memakai sumpit sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, bagi pemula, cara ini sangat membutuhkan teknik agar Anda bisa makan menggunakan sumpit.

Sudah menjadi hal umum jika masyarakat Indonesia kerap menggunakan sumpit saat menyantap mi atau hidangan lainnya. Sebelum belajar bagaimana cara memakai sumpit, ada baiknya Anda mengetahui sejarah sumpit.

Mengutip dari nationalgeographic, sumpit awalnya berasal dari China. Alat makan ini biasanya terbuat dari kayu atau besi stainless. Biasanya digunakan ketika Anda akan menyantap mi.

Sumpit diperkirakan sudah ada sejak zaman Neolitik atau sekitar 5000 tahun sebelum masehi. Kemudian, cara memakai sumpit menyebar luas di daratan China dan digunakan dalam jamuan makan sehari-hari.

Pada abad ke-7, sumpit mulai digunakan penduduk Jepang. Tidak lama setelah itu, diikuti masyarakat Korea.

Lantas, seperti apa cara memakai sumpit yang benar dan tepat? Berikut ulasannya dirangkum melakukan channel YouTube Tobikin, Rabu (23/2/2022).

1. Dalam menggunakan sumpit, kelima jari akan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama (ibu jari), sebagai penyangga bagian atas kedua sumpit.

Kelompok kedua (jari telunjuk dan jari tengah) dijadikan sebagai pengapit atau penjempit. Dan kelompok ketiga (jari manis dan kelingking) sebagai penahan.

2. Dalam berlatih menggunakan sumpit, Anda bisa menggerakkan kedua jari (telunjuk dan jari tengah). Anda bisa mengambil satu bagian sumpit yang atas. Dan menggerakkan dua jari (telunjuk dan tengah).

3. Bisa juga menarik sumpit bagian bawah dan menggerakkan kedua jari (telunjuk dan tengah). Usahakan posisi sumpit berada di posisinya.

4. Jika sudah paham cara memakai sumpit, Anda bisa mempraktikkan pada makanan yang tersedia.

Topik Menarik