Viral Kereta Melintas di Jalan Raya! Satu-satunya di Indonesia, Dulu Buat Orang Tajir?

Viral Kereta Melintas di Jalan Raya! Satu-satunya di Indonesia, Dulu Buat Orang Tajir?

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 15 Februari 2022 - 13:33
share

Belum lama ini sebuah video viral di media sosial. Video tersebut merekam suasana Jalan Slamet Riyadi, Solo, yang dilintasi kereta api. Sang perekam merasa takjub karena kereta berdampingan dengan kendaraan lain di jalan raya.

KA Batara Kresna
Kereta api melintas di jalan raya, bikin viral (Eko Haryanto/IDZ Creators)

Namun ini bukan pemandangan aneh buat warga Solo. Karena setiap hari Kereta Api (KA) Batara Kresna memang kerap wara wiri di rel atau perlintasan yang membelah kota Surakarta. Karena cuma satu-satunya di Indonesia, lintasan atau pemandangan ini jadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

KA Batara Kresna
KA Batara Kresna sering jadi atraksi wisata (Eko Haryanto/IDZ Creators)

FYI , jalur KA Batara Kresna yang membelah Jalan Slamet Riyadi, Solo merupakan warisan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun sejak 1922 silam. Kemudian pada 2009 sampai 2010 peremajaan dilakukan di jalur kereta. Bantalan rel juga diubah dari kayu menjadi beton.

Dahulu yang naik kereta hanya orang Belanda atau China. Orang pribumi yang naik kereta hanya saudagar kaya karena ongkosnya cukup mahal.

Nah sekarang siapapun bisa naik KA Batara Kresna karena ongkosnya yang terjangkau, yakni Rp4 ribu per sekali jalan.

KA Batara Kresna
Kereta melintasi jalanan utama Kota Solo (Eko Haryanto/IDZ Creators)

KA Batara Kresna milik PT Kereta Api Indonesia ini berangkat setiap pagi pukul 06.00 WIB, dari Stasiun Purwosari Solo.

Selepas dari Stasiun Purwosari Solo, KA Batara Kresna mulai melanjutkan perjalanan melewati pusat kota Solo dengan melewati Jalan Slamet Riyadi sepanjang kurang lebih 5 km menuju stasiun Solo-Kota atau Stasiun Sangkrah.

Sepanjang perjalanan kereta api akan melewati jalan raya kota Solodan berdampingan ama kendaraan-kendaraan lain seperti mobil, sepeda motor, sepeda kayuh, becak hingga bus.

KA Batara Kresna
Kereta berdampingan dengan bus di jalan raya (Eko Haryanto/IDZ Creators)

Karena sudah lama beroperasi, para pengendara lainnya sudah paham betul cara menjaga jarak aman dengan rangkaian KA Batara Kresna. Walau hanya berjalan di kecepatan maksimal 20 km/ jam, KA Batara Kresna tetap membunyikan klakson setiap melewati persimpangan jalan, pertigaan atau perempatan jalan sepanjang Kota Solo.

KA Batara Kresna ini memiliki trayek perjalanan Solo-Wonogiri yang melewati lima stasiun yaitu Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Pasar Nguter, dan berakhir di Stasiun Wonogiri.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik