Kelompok PTLF 5C Teknik Industri ITG  Garut Selesai Kerjakan Tugas Praktikum PTLF

Kelompok PTLF 5C Teknik Industri ITG  Garut Selesai Kerjakan Tugas Praktikum PTLF

Terkini | garut.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 20:40
share

GARUT, iNewsGarut.id – Kelompok Perancangan Tata Letak Fasilitas (PTLF) prodi tekhnik industri Institut Teknologi Garut telah melakukan observasi ke sebuah UMKM kentang mustofa yang berlokasi di Desa Salakuray, Kecamatan Bayongbong, Garut.

Kelompok yang beranggotakan 5 orang itu yakni Ali kamaludin, Savina Tikasari, Rissky Virginia, Imam Suandi, dan Nazwan Hanif, merupakan mahasiswa program studi teknik industri Institut Teknologi Garut (ITG).

Imam Suandi salah satu kelompok PTLF 5C prodi S1 tekhnik industri ITG Garut mengatakan, dirinya bersama 4 anggota yang lainnya telah melakukan observasi ke sebuah UMKM kentang mustofa yang berlokasi di Desa Salakuray Kecamatan Bayongbong. 

"Kami telah selesai observasi ke sebuah UMKM kentang mustofa, data ta dan informasi yang kami cari yaitu mengenai layout produksi, proses pembuatan produk, dan faktor apa saja yang mempengaruhi karyawan dalam bekerja disana di analisa dalam keilmuan ergonomi,"ungkapnya, Rabu (3/7/2024).

Imam menjelaskan, menurut Maynard dan Zandin (2001), teknik industri adalah bidang keilmuan yang berfokus pada optimalisasi sistem produksi dan operasi. Ini mencakup perencanaan, perancangan, implementasi, dan pengelolaan sistem yang melibatkan manusia, material, informasi, peralatan, dan energi. 

"Teknik industri menggabungkan prinsip-prinsip teknik, ilmu sosial, matematika, dan manajemen untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas dalam berbagai sektor industri,"ujarnya.

Lebih lanjut kata Imam, menurut Tompkins et al. (2010), perancangan tata letak fasilitas adalah proses penataan fisik dari elemen-elemen yang ada di dalam suatu fasilitas, termasuk peralatan, mesin, pekerja, dan ruang kerja, untuk mengoptimalkan aliran produksi dan efisiensi operasional. 

 

Tujuan utamanya, imbuhnya, dari perancangan tata letak fasilitas adalah untuk meminimalkan waktu dan biaya produksi, meningkatkan produktivitas, serta memastikan kenyamanan dan keselamatan kerja bagi para pekerja. 

"Teknik ini melibatkan analisis dan pemodelan aliran material, informasi, dan orang, serta mempertimbangkan faktor-faktor seperti ergonomi, ruang, dan kebutuhan masa depan,"kata Imam.

Imam menambahkan, pada hari ini Rabu 3 Juli 2024 bertempat di kampus Institut Teknologi Garut, telah dilaksanakan pembangunan tugas maket untuk praktikum PTLF (Perancangan Tata Letak Fasilitas) oleh mahasiswa Program Studi Teknik Industri. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen pengampu, asisten praktikum, dan seluruh mahasiswa peserta praktikum.

"Pembangunan maket ini bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip perancangan tata letak fasilitas yang efektif dan efisien. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok kerja untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam bentuk maket,"jelasnya.

Adapun rincian kegiatan pada pembangunan maket ini adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan : Sambutan dari dosen pengampu dan penjelasan teknis oleh asisten praktikum mengenai tujuan dan tata cara pembangunan maket.

2. Pembagian Kelompok : Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memulai pembangunan maket.

3. Pembangunan Maket : Setiap kelompok mulai bekerja sesuai dengan desain tata letak yang telah direncanakan sebelumnya.

 

4. Penilaian Sementara : Dosen pengampu dan asisten praktikum melakukan penilaian sementara terhadap kemajuan pekerjaan setiap kelompok.

5. Diskusi dan Evaluasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil sementara dari maket yang telah dibangun dan menerima masukan untuk perbaikan.

6. Penutupan : Penutup kegiatan oleh dosen pengampu dan pengumuman jadwal kegiatan selanjutnya.

Kegiatan pembangunan maket ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang perancangan tata letak fasilitas serta mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan di dunia industri. 

"Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, serta diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta praktikum dan Dosen Pengampu praktikum PTLF  Institut Teknologi Garut Anung Andi Hidayatullah.,S.T.,M.T.,"pungkasnya.

Topik Menarik