Harga Minyak Mentah Naik 4 Persen dalam Sepekan Imbas Ketegangan Timur Tengah

Harga Minyak Mentah Naik 4 Persen dalam Sepekan Imbas Ketegangan Timur Tengah

Ekonomi | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 10:06
share

HOUSTON, iNews.id - Harga minyak mentah ditutup menguat pada hari Jumat dan naik hingga 4 persen dalam sepekan. Hal ini setelah investor mempertimbangkan konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah serta pemilihan umum Amerika Serikat (AS) bulan depan.

Harga minyak mentah Brent naik 1,67 atau 2,25 persen ke level 76,05 dolar AS per barel. Sementara, minyak West Texas Intermediate (WTI) AS naik 1,59 dolar AS atau 2,27 persen menjadi 71,78 dolar AS per barel pada perdagangan hari Jumat.

Harga minyak mentah Brent naik 4 persen, sementara harga minyak mentah WTI naik 3,7 persen dalam seminggu.

"Sepertinya pasar sedang berfluktuasi dalam pola bertahan sampai kita mendapatkan jawaban atas beberapa pertanyaan tentang Israel, perang, dan pemilihan umum," ucap Analis Senior di Price Futures Group, Phil Flynn dikutip dari Reuters, Minggu (27/10/2024).

Dia menambahkan, pemilu menciptakan ketidakpastian di banyak pasar. Selain itu, pelaku pasar nampaknya agak menahan diri dan tidak siap membuat komitmen besar karena potensi lonjakan, volatilitas, dan ketidakpastian. 

Selain itu, investor global menumpuk dolar AS dan bertaruh pada peningkatan volatilitas menjelang dua minggu krusial berikutnya menjelang pemilu AS pada 5 November 2024 mendatang. 

Sentimen lainnya pemilu di Jepang, dan tiga bank sentral utama yang memutuskan suku bunga dan pemerintah Inggris yang mengajukan anggaran barunya.

Kedua acuan tersebut berfluktuasi minggu ini, naik pada hari Senin dan Selasa sebelum turun pada hari Rabu dan Kamis, sebagian besar karena ekspektasi risiko Timur Tengah yang meningkat atau berkurang.

Topik Menarik