Pengumuman! Jam Operasional Bandara Lombok Dibuka 24 Jam selama MotoGP 2024

Pengumuman! Jam Operasional Bandara Lombok Dibuka 24 Jam selama MotoGP 2024

Ekonomi | inews | Minggu, 29 September 2024 - 16:59
share

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports memperpanjang waktu operasional Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi 24 jam. Kebijakan ini untuk mengakomodir penerbangan penonton MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi mengatakan, perpanjangan operasional bandara Lombok harus dilakukan lantaran jumlah pergerakan penumpang mengalami kenaikan. Tercatat, per Minggu (29/9/2024) volume penumpang diperkirakan menyentuh 14.000-15.000 orang.

Semula, bandara Lombok beroperasi 15 jam dan kini menjadi 24 jam. Selain itu, InJourney Airports juga menambah 78 ekstra flight atau penerbangan tambahan ke bandara Lombok. 

"Kita menyesuaikan karena kita mengoperasikan bandara menjadi 24 jam, yang tadinya 15 jam per hari menjadi 24 jam per hari itu untuk mengakomodir. Jadi bandara siap dengan 24 jam beroperasi," ujar Faik saat ditemui di Pertamina Mandalika International Circuit.

"Kalau extra flight secara total itu ada 78 penerbangaan, tapi khusus Soetta (Soekarno-Hatta) sekitar 90 persen dari total penambahan 78 extra flight," tutur dia.

Adapun, selama dua hari pelaksanaan MotoGP 2024 volume penumpang di Bandara Internasional Bandara Zainuddin Abdul Madjid naik 20 persen, dibandingkan dengan kondisi normal.

Namun, persentasenya jauh lebih tinggi atau menyentuh 23 persen jika disandingkan dengan pelaksanaan MotoGP 2023.

"Tapi kita membandingkan dengan pelaksana tahun lalu itu naik sekitar 23 persen pergerakan trafik. Total penumpang per hari itu akan sekitar 11.000-an lah," ucap dia. 

Faik optimistis, layanan penumpang di Bandara Lombok berjalan lancar. Pasalnya, banyak perbaikan yang dikerjakan perusahaan untuk penyelenggaraan ajang balap roda dua itu.

Topik Menarik