Dosen Prodi Bisnis Digital UBB Gelar Sosialisasi Kegiatan Pengabdian ke Masyarakat Desa Baturusa

Dosen Prodi Bisnis Digital UBB Gelar Sosialisasi Kegiatan Pengabdian ke Masyarakat Desa Baturusa

Ekonomi | lintasbabel.inews.id | Jum'at, 20 September 2024 - 13:40
share

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Desa Baturusa, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi tempat wisata yang kerap berpotensi sebagai tempat yang berpeluang dalam membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi masyarakat lokal.

Dalam hal ini, Dosen Program Studi Bisnis Digital Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan sosialisasi kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Digitalisasi UMKM : Upaya Pengembangan Penjualan dan Pemasaran UMKM Desa Baturusa Kabupaten Bangka”.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (10/9/2024) ini dilaksanakan di Kantor Desa Baturusa yang dihadiri oleh 24 orang warga dengan latar berbagai macam jenis UMKM. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Desa Baturusa, Junaidi yang kemudian penyampaian kata sambutan dari Tiara Fitari, S.E., M.B.A selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan ini.

 

Memasuki kegiatan inti yang diisi oleh dua pemateri yang merupakan pakar dari bidangnya. Materi pertama disampaikan oleh Abdul Hafiz, M.A.B. yang membawakan materi mengenai potensi wisata Baturusa dalam peningkatan ekonomi, infrastruktur, dan pengembangan sosial budaya. 


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Baturusa, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, terkait penerapan bisnis digital bagi pelaku UMKM. Foto: Dok. UBB.

Pada materi ini membahas berbagai macam produk wisata yang dapat dikembangkan terutama dalam peningkatan promosi melalui media sosial yang memiliki pengaruh luar biasa di era digitalisasi seperti saat ini. 

Pada materi selanjutnya merupakan tahapan mendalam dari strategi promosi produk usaha. Materi ini disampaikan oleh Berandi Suaryansyah, S.Pt., M.M. yang menyampaikan beberapa platform yang dapat menunjang promosi bisnis dari UMKM yang ada di Baturusa.

Pada materi ini, masyarakat Desa Baturusa diajak langsung melakukan praktik desain produk usaha menggunakan aplikasi Canva, diberikan pemahaman mengenai langkah-langkah pembuatan WhatsApp Business khusus untuk katalog usaha, diberikan pemahaman mendaftarkan Lokasi usaha pada Google Maps untuk meningkatkan popularitas bisnis bagi wisatawan, serta materi mengenai cara mengurus legalitas terkait perizinan digital OSS.

 

Dalam sesi tanya jawab, masyarakat sangat antusias menyatakan pertanyaan. Beberapa pertanyaan diajukan terkait kendala promosi digital dalam peningkatan bisnis, saran untuk terjun dalam periklanan sosial media, serta cara membuat bisnis lebih menarik dengan pembuatan tagline atau logo bisnis.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama sebagai komitmen untuk masyarakat bersama dapat memajukan UMKM yang ada di Baturusa. Sebagaimana harapan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana dari kegiatan ini.

“Semoga setelah kegiatan ini Bapak/Ibu dapat membawa ilmu untuk membantu usahanya menjadi lebih baik,” kata Tiara Fitari dalam kata sambutannya. 

Topik Menarik