InJourney Airports Siap Jika Ditunjuk Kelola Bandara IKN

InJourney Airports Siap Jika Ditunjuk Kelola Bandara IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 11 September 2024 - 20:48
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi memastikan pihaknya siap jika ditugaskan sebagai operator Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Konsep pengoperasian bandara di ibu kota baru tersebut nantinya akan dibuat semacam multi-airport system.

Faik menuturkan, saat ini Angkasa Pura juga memiliki bandara kelolaan di Balikpapan, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

"Kalau memang nanti diminta Angkasa Pura mengelola (Bandara IKN), ya kita siap. Nanti konsepnya kalau memang kita akan mengelola bandara tersebut, mungkin konsepnya multi-airport system ," ujar Faik usai acara peluncuran program Green Airport oleh InJourney Airports di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (11/9/2024).

Faik menyebut, konsep multi-airport dalam pengelolaan Bandara IKN dengan Bandara Sepinggan Balikpapan akan memudahkan pengaturan trafik penerbangan yang akan masuk dan keluar IKN atau Balikpapan.

"Jadi antara IKN dan Balikpapan dalam satu pengelolaan yang terkonsolidasi. Jadi nanti flight yang ke Balikpapan bisa landing di bandara Balikpapan, bisa landing di IKN. Nanti bisa kita atur seperti itu," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara IKN rampung pada akhir Desember 2024 dan sudah dapat dioperasikan menerima pesawat landing di bandara tersebut.

Pada awal September ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di IKN sebelum siap dioperasikan. Penerbangan misi kalibrasi dilakukan pada Selasa 10 September 2024, sebagai tindak lanjut pelaksanaan verifikasi Bandara Nusantara yang dilakukan pada 8-9 September lalu.

Selain kalibrasi, dilaksanakan pula penerbangan validasi prosedur terbang dengan Perfomance Base Navigation (PBN). Selanjutnya, Kemenhub akan melakukan sejumlah asesmen lainnya sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pengelola bandara.

Proses pembangunan Bandara Nusantara sendiri terus berlangsung dengan perkembangan yang cukup signifikan. Runway yang tersedia sekarang sudah mencapai 2.200 x 30 meter. Sementara itu, pembangunan terminal VVIP telah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan untuk terminal VIP telah rampung hampir 80 persen.

Fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut pembangunannya. Adapun untuk jalan akses utama bandara telah hampir siap 100 persen, dimana nantinya akan menunjang akses dari dan menuju bandara.

Secara keseluruhan, melihat progres pekerjaan, Menhub optimistis bandara Nusantara selesai dibangun pada 31 Desember 2024.

Topik Menarik