Perusahaan Singapura Bakal Bangun Solar Panel di IKN, Nilainya Tembus Rp931 Miliar 

Perusahaan Singapura Bakal Bangun Solar Panel di IKN, Nilainya Tembus Rp931 Miliar 

Ekonomi | inews | Selasa, 3 September 2024 - 20:32
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani mengatakan perusahaan asal Singapura, yakni Singapura Sembcorp Utilities Pte Ltd akan membangun solar panel di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tak main-main, nilainya mencapai 60 juta dolar AS atau setara Rp931 miliar (kurs Rp15.528).

"Dengan Singapura kebetulan saya ketemu dengan Sembcorp, mereka mau investasi di solar panel, dan investasi kurang lebih 60 juta dolar AS, bangun solar cell sebesar 5 - 6 Megawatt," ucap Rosan saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (3/9/2024).

Menurut Rosan, pembangunan proyek solar panel akan dilakukan pada bulan ini. Adapun, proyeknya ditargetkan rampung dalam kurun waktu 3 bulan sehingga perusahaan akan menyuplai tambahan kebutuhan listrik bersih di ibu kota baru.

"Itu cepat sih, kurang lebih 3 bulan lah, jadi kita kejar, ya Oktober - November lah selesai, jadi groundbreaking September," tutur dia.

Selain Sembcorp Utilities Pte. Ltd., Rosan menambahkan perusahaan asal Singapura lainnya yang akan berinvestasi di IKN adalah Raffles Education Limited. Komitmen tersebut seperti yang diterimanya langsung saat lawatannya ke Singapura.

Menurutnya, Indonesia dan Singapura memiliki kedekatan khusus dalam bidang ekonomi. Mengingat selama 10 tahun terakhir, Singapura menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia, termasuk dalam membiayai proyek Ibukota baru tersebut.

"Satu lagi Raffles Education Center, mereka mau berinvestasi ke IKN. Sebetulnya saya juga cukup surprise, saya datang ke Singapura, ternyata PM-nya juga mau bertemu," kata Rosan.

Topik Menarik