Kapitalisasi Pasar Perusahaan Milik Warren Buffett Tembus Rp15.000 Triliun

Kapitalisasi Pasar Perusahaan Milik Warren Buffett Tembus Rp15.000 Triliun

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 14:46
share

NEBRASKA, iNews.id - Kapitalisasi pasar perusahaan investasi milik investor Warren Buffett, Berkshire Hathaway menembus 1 triliun dolar AS atau setara Rp15.386 triliun untuk pertama kalinya pada penutupan perdagangan hari Rabu. Hal ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap konglomerasi yang dibangun Buffett selama hampir enam dekade yang banyak dianggap sebagai proksi bagi ekonomi Amerika Serikat (AS).

Perusahaan Buffett bergabung dengan enam perusahaan AS di sektor teknologi yang bernilai lebih dari 1 triliun dolar AS, di antaranya Apple, Nvidia, Microsoft, Alphabet (induk perusahaan Google), Amazon.com, dan Meta Platforms (induk perusahaan Facebook).

Mengutip Reuters , saham Kelas A Berkshire ditutup naik 0,7 persen pada 696.502,02 dolar AS. Sementara, saham Kelas B yang lebih banyak dimiliki naik 0,9 persen menjadi $464,59.

Adapun, Buffett telah menjalankan Berkshire yang berkantor pusat di Omaha, Nebraska, sejak tahun 1965. Dia mengubah Berkshire dari perusahaan tekstil yang gagal menjadi raksasa dengan puluhan bisnis ekonomi lama seperti asuransi mobil Geico, kereta api BNSF, Berkshire Hathaway Energy, produsen sepatu lari Brooks, produsen es krim Dairy Queen, produsen pisau Ginsu, dan ensiklopedia World Book.

Bisnis yang beroperasi menghasilkan laba sebesar 22,8 miliar dolar AS pada semester pertama tahun ini, naik 26 persen dari torehan periode yang sama tahun 2023.

Selain itu, Berkshire juga memiliki portofolio saham yang sangat besar bahkan setelah menjual puluhan miliar dolar dari Apple dan Bank of America. Penjualan tersebut merupakan alasan utama mengapa simpanan uang Berkshire, terutama dalam bentuk surat utang negara AS, melonjak menjadi 276,9 miliar dolar AS per tanggal 30 Juni. Berkshire juga telah memperlambat pembelian kembali sahamnya sendiri.

"Buffett membangun Berkshire dengan cara yang sistematis dan relatif berisiko rendah. Sebagai konglomerat besar, perusahaan ini akan selalu memiliki beberapa bagian yang berkinerja baik," ucap Presiden Check Capital Management, Steve Check.

Valuasi Berkshire senilai 1 triliun dolar AS didasarkan pada 553.234 saham Kelas A dan 1.325.192.508 saham Kelas B yang beredar pada 23 Juli. Sejak Buffett menjabat, saham Berkshire telah naik lebih dari 5.600.000 persen.

Kenaikan ini sekitar 20 persen per tahun, hampir dua kali lipat keuntungan tahunan dalam Standard & Poor's (S&P) 500 dan termasuk dividen. Tidak ada katalis tunggal yang tampaknya memicu keuntungan hari Rabu. Saham Kelas A Berkshire naik 28 persen tahun ini, sementara S&P 500 tidak termasuk dividen naik 17 persen.

Buffett masih memiliki lebih dari 14 persen saham Berkshire meskipun telah menyumbangkan lebih dari setengah sahamnya untuk amal sejak 2006. Kekayaannya mencapai 146 miliar dolar AS menjadikannya orang terkaya keenam di dunia, menurut data Forbes.

Topik Menarik