Rupiah Hari Ini Perkasa, Sentuh Rp15.410 per Dolar AS

Rupiah Hari Ini Perkasa, Sentuh Rp15.410 per Dolar AS

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 10:41
share

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, Kamis (29/8/2024) menguat ke level Rp15.410. Tak cuma itu, kinerja rupiah yang menguat juga masih dalam batas penguatan sejumlah mata uang di asia lainnya.

Menurut Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin penguatan rupiah akan menjadi kabar baik bagi IHSG yang sejauh ini masih mampu bertahan di zona hijau. IHSG diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.620 hingga 7.680.

"Perlu diwaspadai potensi koreksi yang mungkin terjadi pada IHSG di hari ini. Minimnya sentimen pasar, ditambah dengan penguatan IHSG yang terjadi sebelumnya membuat IHSG rawan alami koreksi teknikal," kata Gunawan.

Sementara itu, tensi politik di tanah air yang belakangan sudah mulai mereda membuat Rupiah akan sangat bergantung pada rilis data inflasi AS besok. Data tersebut nantinya akan menjadi acuan bagaimana nantinya Bank Sentral AS menetapkan besaran bunga acuannya.

"Yang secara langsung akan berpengaruh terhadap kinerja dolar AS dan harga emas. Pada pagi ini, harga emas relatif stabil di level 2.513 dolar AS per ons troy," tutur Gunawan.

Topik Menarik