Jokowi Bicara soal Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi, jadi Berlaku?

Jokowi Bicara soal Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi, jadi Berlaku?

Ekonomi | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:42
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo buka suara soal rencana pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Kabarnya kebijakan ini akan diberlakukan pemerintah mulai tanggal 1 Oktober 2024 mendatang. 

Presiden Jokowi mengatakan saat ini rencana tersebut masih dalam proses sosialisasi ke masyarakat. Sebelum memberlakukannya pemerintah juga bakal melihat terlebih dahulu kondisi di lapangan seperti apa

"Saya kira kita masih dalam proses sosialisasi. kita akan melihat di lapangan seperti apa," ujar Jokowi saat di Yogyakarta, Rabu (28/8/2024). 

Eks Gubernur DKI Jakarta ini kembali menegaskan jika hingga saat ini belum ada keputusan berkaitan dengan rencana pembatasan BBM bersubsidi tersebut. Bahkan hingga, belum ada rapat membahas rencana pembatasan ini. 

Terkait perlunya pembatasan BBM bersubsidi, kata Jokowi, pertimbangan pertama adalah berkaitan dengan polusi udara yang banyak terjadi di kota besar terutama Jakarta. Pertimbangan yang kedua adalah pemerintah ingin ada efisiensi anggaran terutama di tahun 2025.

"Yang pertama ini terkait dengan polusi terutama di Jakarta. Dan yang kedua, kita juga ingin ada efisiensi anggaran terutama di tahun 2025," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi baru akan dilaksanakan setelah adanya penetapan Peraturan Menteri (Permen). 

"Karena begitu aturannya ke luar, Permen-nya ke luar,” ujar Bahlil di Jakarta dikutip Antara, Selasa (27/8/2024).

Topik Menarik