Sri Mulyani Samakan Ilmu Ekonomi dengan Pacaran, Seperti Apa?

Sri Mulyani Samakan Ilmu Ekonomi dengan Pacaran, Seperti Apa?

Ekonomi | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 06:35
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kuliah perdana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia pada Senin (26/8/2024). Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan ilmu ekonomi sama dengan pacaran.

Menurut Sri Mulyani, dalam ilmu ekonomi terdapat supply dan demand atau penawaran dan permintaan. Hal itu, dinilai seperti yang ada dalam sebuah hubungan pacaran.

“Pacaran itu kaya ilmu ekonomi, supply and demand. Kamu terlalu banyak ngasih perhatian, supply terlalu banyak, harga jatuh,” ucapnya dikutip iNews.id dari laman di Instagram.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengingatkan kepada para mahasiswa agat tahu bagaimana cara mengontrol penawaran dan permintaan. Dengan begitu, ia akan mendapaat harga terbaik.

“Jadi harusnya kalian tahu how to supply so you get the right price,” tuturnya.

Tak cuma itu, ia juga mengingatkan bahwa belajar ekonomi sangat penting. Sebab, ilmu itu akan digunakan dalam sendi-sendi kehidupan.

“Kenapa belajar ilmu ekonomi itu penting? Kalau meminjam istilah gen Z, ekonomi itu penting karena economy is "f" - for real - sangat dekat dengan kehidupan kita. Ekonomi adalah ilmu tentang mengelola rumah tangga, entah dalam skala kecil seperti kehidupan kita sehari-hari, maupun skala besar seperti mengelola kebutuhan suatu negara yang sangat banyak,” kata Sri Mulyani.

Untuk itu, ia mengingatkan agar para mahasiswa belajar secara rasional.

“Dalam ekonomi, kita diajarkan cara mengambil keputusan dengan rasional. Ini yang saya ajarkan kepada para mahasiswa baru FEB UI dalam kesempatan mengajar kuliah perdana mereka di kampus perjuangan - almamater saya juga - Univeristas Indonesia,” ucapnya.

Topik Menarik