Biaya Transfer BI-Fast bakal Turun? Ini Penjelasan Bank Indonesia

Biaya Transfer BI-Fast bakal Turun? Ini Penjelasan Bank Indonesia

Ekonomi | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 06:33
share

NUSA DUA, iNews.id - Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Ryan Rizaldy menyebut transfer uang antarbank dengan tarif Rp2.500 BI-Fast mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat sejak dirilis. Menurutnya, kini banyak masyarakat yang rela menunggu layanan tersebut aktif untuk transfer.

"Bahkan masyarakat lebih rela menunggu BI-FAST aktif lagi daripada memilih biaya transfer Rp6.500, begitu besar preferensi dan kegemaran masyarakat akan BI-FAST," ujar Ryan dalam Pelatihan Wartawan BI di Nusa Dua, Bali, Jumat (23/8/2024) malam. 

Ketika ditanya apakah tarif transfer antarbank BI-FAST akan diturunkan atau tidak, Ryan menyebut bahwa ada sejumlah pertimbangan.

"Yang pasti, saat ini sepertinya masyarakat sangat enjoy dengan skema harga yang berlaku. Fokus kami lebih kepada bagaimana membangun sinergitas," tuturnya.

Menurutnya, masalah penyesuaian tarif sangat bergantung pada banyak hal, seperti kondisi ekonomi.

"Misalnya, bagaimana kondisi ekonomi yang melingkupi, bahkan itu sampai variabel makro juga kan, jadi inflasi dan segala macam nanti akan mempengaruhi pertimbangan kami dalam menetapkan harga," ucapnya.

Ryan menyebut hal ini tidak menutup kemungkinan penyesuaian biaya transfer BI-FAST akan dilakukan ke depannya. 

"Namun, fokus kami dalam jangka pendek ini adalah bagaimana membangun sinergi yang baik antara infrastruktur yang disediakan BI dan industri," kata dia.

Topik Menarik