PUPR Targetkan Jalan Tol Solo-Klaten Rampung Akhir Bulan Ini

PUPR Targetkan Jalan Tol Solo-Klaten Rampung Akhir Bulan Ini

Ekonomi | inews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:51
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan konstruksi jalan tol Solo-Klaten sepanjang 20 kilometer (km) rampung pada akhir Agustus 2024. Jalan tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi khususnya pada Seksi 1 Solo-Purwomartani dengan total panjang 42,38 km.

Pada Seksi 1 tersebut terbagi menjadi Paket 1.1 Solo-Klaten sepanjang (22,30 km) dengan progres konstruksi mencapai 94,91 persen. Sementara, Paket 1.2 Klaten-Purwomartani (20,08 Km) dengan progres konstruksi mencapai 51,81 persen ditargetkan akan selesai konstruksinya pada kuartal IV tahun ini.

Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini nantinya akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa melalui Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu dan akan menghubungkan tiga bandara sekaligus, di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan agar proses konstruksi jalan tol sudah bisa rampung selesai dari Kartasura sampai Klaten sepanjang 22 km pada akhir Agustus.

"Selanjutnya dari Klaten ke Prambanan hingga Purwomartani seluruhnya selesai tahun 2024," kata Basuki dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan tol (BPJT) Kementerian PUPR, Minggu (18/8/2024)

Sementara, untuk jalan tol Seksi II Purwomartani-Jc. Sleman sepanjang 15,63 km ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2026 mendatang. Lalu, Seksi III Sleman-Purworejo sepanjang 38,59 km ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2025 mendatang.

Kehadiran Jalan Tol ini diharapkan mengurangi beban kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan nasional Yogyakarta-Solo yang saat ini kondisinya kerap macet, khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan dan Bandara.

Sebelumnya, pada pelaksanaan arus mudik lebaran, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo ruas Colomadu-Ngawen dibuka fungsional dan memangkas waktu tempuh perjalanan, yakni dari GT Colomadu menuju Klaten diperkirakan hanya 25-30 menit saja.

Topik Menarik