Kemenhub Sebut Komersialisasi Bandara IKN bakal Dibahas Pemerintahan Prabowo

Kemenhub Sebut Komersialisasi Bandara IKN bakal Dibahas Pemerintahan Prabowo

Ekonomi | inews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 13:26
share

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati menyebut, pembahasan nasib status Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasalnya, Bandara IKN rencananya akan melayani rute penerbangan komersial, sehingga nantinya akan menjadi bandara terdekat dengan lokasi ibu kota baru.

"Kalau komersial masih harus dibahas di pemerintahan yang baru, karena Perpres saat ini masih status VVIP," ujar Adita kepada iNews.id , Minggu (18/8/2024).

Dia menambahkan, Bandara IKN ditargetkan rampung pada bulan Desember mendatang. Pekerjaan yang rampung menyangkut pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), seperti runway dan lainnya.

Sementara, konstruksi bangunan gedung bandara dan sarana prasarana penunjang lain yang dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan.

"Akhir tahun semuanya, pekerjaan Bandara IKN ditargetkan akan rampung," tuturnya.

Bandara IKN memiliki luas area 347 hektare dilengkapi ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m2 dan dapat melayani 3 pesawat terbang berbadan besar. Diharapkan, kehadiran bandara tersebut akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik, dan semakin mudah dijangkau dari daerah lain.

Bandara IKN memiliki panjang runway 3.000 x 45 meter yang dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga. Dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter dari total luas 102.150 m2, dan taxiway sepanjang 290 meter dengan anggaran Rp4,3 triliun.

Progres pekerjaan fisik Bandara IKN yang dikerjakan Kemenhub diantaranya: pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing , dan rangka baja di Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pile cap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan mini pile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house ; pekerjaan cut & fill , galian U- ditch , geotextile , agregat di Jalan Akses Utama ( uditch ), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

Topik Menarik