Kementerian Investasi Terbitkan 10 Juta NIB selama 3 Tahun

Kementerian Investasi Terbitkan 10 Juta NIB selama 3 Tahun

Ekonomi | inews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 12:00
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerbitkan 10 juta Nomor Induk Berusaha (NIB) telah diterbitkan melalui sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko dalam kurun waktu 3 tahun sejak diluncurkan 9 Agustus 2021 lalu.

Jumlah NIB yang diterbitkan menembus 10.000.019 per 16 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB, dengan komposisi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) sebanyak 9.909.900 NIB, usaha menengah sebanyak 28.303 NIB, dan usaha besar sebanyak 61.816 NIB.

Staf Khusus sekaligus Juru Bicara Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa menuturkan, pencapaian ini menunjukkan bahwa sistem OSS telah banyak memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan berusaha.

Jika dibandingkan dengan capaian pada saat sistem OSS genap berusia dua tahun pada Agustus 2023 lalu sebesar 5 juta, telah terjadi kenaikan signifikan dari jumlah NIB yang terbit.

"Dalam kurun waktu tidak sampai satu tahun sejak ulang tahun OSS yang kedua, telah terbit lebih dari 5 juta NIB. Alhamdulillah, ini merupakan suatu prestasi yang patut kita banggakan dan syukuri," kata Tina dalam tertulis, Minggu (18/8/2024).

Tina menambahkan, pelaku UMK tidak perlu lagi repot-repot mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk memulai usaha. Kini, cukup dengan memperoleh NIB, UMK dapat menjalankan bisnisnya.

"Momen 10 juta NIB di ulang tahun OSS bulan ini menjadi kado spesial pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. Bukan untuk berpuas diri, namun menjadi momen refleksi bagi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik. Terima kasih kepada teman-teman pelaku usaha yang terus memberikan masukan kepada kami," ucapnya.

Topik Menarik