60.000 CPNS yang Lolos Tahun Ini bakal Bertugas di IKN, 5 Persen Putra-Putri Kalimantan

60.000 CPNS yang Lolos Tahun Ini bakal Bertugas di IKN, 5 Persen Putra-Putri Kalimantan

Ekonomi | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 13:56
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyiapkan jalur khusus bagi putra-putri Kalimantan yang akan mendaftarkan diri menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Formasi ini dikhususkan untuk mereka yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menuturkan, formasi CPNS pada tahun ini yang akan ditempatkan ke IKN mencapai 60.000 orang. Dari 60.000 itu, sebanyak 5 persennya dipersiapkan untuk putra putri Kalimantan.

Sebanyak 60.000 ke IKN. Kita beri afirmasi dari 60.000 itu lima persen untuk putra putri Kalimantan ke IKN, kata Anas kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Nantinya, melalui jalur afirmasi tersebut, putra putri Kalimantan tidak akan bersaing dengan mereka yang berasal dari Jawa. Hal itu, kata Anas, merupakan harapan langsung rakyat dan saran dari Presiden Joko Widodo.

Supaya putra putri Kalimantan tidak bersaing dengan fresh graduate dari Jawa yang selama ini mereka sampaikan ke kami. Jadi saran Presiden formasi lima persen itu kurang lebih dua ribuan dari putra putri Kalimantan, tuturnya.

Topik Menarik