Jokowi Ungkap Realisasi Anggaran KIS Tembus Rp361 Triliun, KIP Rp113 Triliun

Jokowi Ungkap Realisasi Anggaran KIS Tembus Rp361 Triliun, KIP Rp113 Triliun

Ekonomi | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 12:11
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan realisasi anggaran untuk program Kartu Indonesia Sehat (KIS) mencapai Rp361 triliun. Angka ini merupakan realisasi selama 10 tahun kepemimpinannya.

Jokowi menuturkan, selama 10 tahun pemerintahanm penggunaan dana senilai Rp361 triliun untuk membiayai layanan kesehatan lebih dari 92 juta peserta JKN per tahun, mulai usia dini sampai lansia yang tersebar di seluruh Tanah Air.

“Upaya perlindungan bagi masyarakat ekonomi bawah juga telah memberi manfaat luas bagi masyarakat. Rp361 triliun anggaran Kartu Indonesia Sehat selama 10 tahun ini telah digunakan untuk membiayai layanan kesehatan lebih dari 92 juta peserta JKN per tahun, mulai dari usia dini sampai lansia yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Sementara, untuk realisasi anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam periode yang sama mencapai Rp113 triliun, di mana dialokasikan untuk pendidikan lebih dari 20 juta siswa per tahun, mulai SD sampai SMA/SMK di seluruh Indonesia. 

“Rp113 triliun anggaran Kartu Indonesia Pintar selama 10 tahun telah digunakan untuk pendidikan lebih dari 20 juta siswa per tahun, mulai SD sampai SMA/SMK di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Sedangkan implementasi anggaran Program Keluarga Harapan selama 10 tahun berada di posisi Rp225 triliun. Dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi sekitar 10 juta keluarga kurang mampu per tahun.

Lalu, Rp60,3 triliun anggaran program Kartu Prakerja selama 5 tahun telah dimanfaatkan untuk menambah keahlian 18,8 juta pekerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ini adalah pembangunan yang kita cita-citakan bersama. Pembangunan yang menyentuh semua lapisan masyarakat. Pembangunan yang memberi dampak bagi masyarakat luas. Pembangunan yang membuka peluang untuk tumbuh bersama,” kata Jokowi.

Topik Menarik