Bamsoet Sebut Transisi Energi Butuh Investasi Sangat Besar

Bamsoet Sebut Transisi Energi Butuh Investasi Sangat Besar

Ekonomi | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 10:50
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan komitmen Indonesia untuk secara bertahap menekan emisi gas rumah kaca. Salah satunya dengan mengurangi porsi penggunaan energi fosil dan mulai beralih pada energi baru dan terbarukan.

Bamsoet menyebut, transisi energi merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan investasi sangat besar. Sehingga, hal itu tidak akan tuntas hanya dalam tiga sampai lima tahun.

"Strategi hilirisasi industri sudah memberikan hasil positif berupa nilai investasi pada industri pengolahan mineral yang meningkat pesat," ucap Bamsoet saat membacakan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI - DPD RI, Sidang Paripurna DPR RI Tahun 2024 yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dia menambahkan, nilai ekspor nikel juga tumbuh sangat tinggi yang membuat Indonesia menjadi negara penghasil nikel terbesar nomor satu di dunia.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan 2024 ini terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD hari ini, Bamsoet dan Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pidato kenegaraan.

Topik Menarik