60 Investor Bakal Didorong Segera Eksekusi Investasi di IKN hingga Akhir Tahun

60 Investor Bakal Didorong Segera Eksekusi Investasi di IKN hingga Akhir Tahun

Ekonomi | inews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 13:26
share

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan setidaknya ada 60 pelaku usaha yang akan mengeksekusi investasinya hingga akhir tahun 2024 mendatang. Pihaknya pun akan mempercepat proses tersebut.

Endra optimistis dari para investor ersebut akan mampu menutup target realisasi investasi sebesar Rp100 triliun di sepanjang tahun 2024. Tercatat, hingga groundbreaking tahap ke VI kemarin, realisasi investasi dari pelaku usaha sekitar Rp51,3 triliun.

"Karena yang sudah LOI, serius ke tahap investasi kan hampir 60 investor. Artinya itu yang berpotensi bisa investasi. Kalau 1 investor aja Rp2 triliun, kan lewat (target Rp100 triliun)," ucap Endra saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (7/8/2024).

Endra menjelaskan asumsi spending investor IKN itu diukur dari tahapan groundbreaking yang sudah dilakukan sebelumnya. Sebab, rata-rata realisasi investor ke IKN mencapai Rp2 triliun atau lebih, tergantung jenis proyek yang akan dibangun nantinya.

"Sekarang bangun hotel rata-rata Rp1,5 -2 triliun. Bangun RS juga segitu, bangun gedung di IKN range segitu," tutur dia.

Lebih lanjut, Endra menjelaskan penerbitan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Satuan Tugas Percepatan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diteken 5 Agustus lalu menjadi motor untuk mengakselerasi LOI yang sebelumnya sudah masuk ke IKN.

"Satgas tidak lain untuk mempercepat realisasi investasi. Semangatnya mempercepat realisasi investas dari LOI yang sebelumnya sudah masuk," tutur Endra.

Sebelumnya Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono menyebut hingga saat ini setidaknya ada 420 Lol yang diterima pihaknya. Dari total itu, setidaknya ada 260 calon investor yang dinilai layak dan potensial untuk berinvestasi ke IKN. Sedangkan dari 260 calon investor yang dianggap layak, ada 28 calon investor yang sudah menandatangani MoU dengan OIKN.

Topik Menarik